Laskar Pelangi, Novel yang Menyentak Keterbatasan Pendidikan di Indonesia

Assalamualaikum wr. wb.

laskar-pelangi.jpg

Untuk download novel laskar pelangi dalam format PDF, silahkan cari di sharebox side bar kanan weblog ini, semoga bermanfaat.

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah:

  1. Ikal (tokoh aku)
  2. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara (sang jenius)
  3. Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah (satu-satunya murid perempuan)
  4. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi ahlan bin Zubair bin Awam (berbakat paling besar di bidang seni dan punya ketertarikan yang begitu besar dengan dunia mistik)
  5. A Kiong;Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman (keturunan Tionghoa)
  6. Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz (penurut dan yang selalu dikalahkan oleh teman-temannya)
  7. Kucai; Mukharam Kucai Khairani (sang ketua kelas yang bermulut besar)
  8. Borek aka Samson (terobsesi dengan citra macho seorang laki-laki)
  9. Trapani; Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari (laki-laki paling tampan dan punya ketergantungan yang begitu besar kepada ibunya)
  10. Harun; Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan (berumur 15 tahun saat masuk kelas 1 SD dan punya keterbelakangan mental)

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.

Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Menurut rencana naskah Laskar Pelangi akan diadaptasi menjadi sebuah film.Film Laskar Pelangi akan diproduksi oleh Miles Productions dan Mizan Cinema, dan digarap oleh sutradara Riri Riza.

Iklan

8 Tanggapan

  1. Waduh klo filmnya segera difilmkan pasti akan ku tonton sudah jenuh dengan film pacaran dan klenik di Indonesia semakin menjauhkan rakyat dari budaya yang yang baik.
    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Salam Blogger!
    Artikel anda:
    http://www.infogue.com/pendidikan/laskar_pelangi_novel_yang_menyentak_keterbatasan_pendidikan_di_indonesia/

  2. makasih mas atas advise-nya dan terima kasih juga telah berkunjung ke weblog kami…
    semoga semuanya bermanfaat, salam blogger

  3. iya , saya setuju kalo ini difilmkan atau di sinetronkan
    daripada ngeliat film ataau sinetron yang nda bermutu
    gimana ?
    setuju ?

  4. semua pemerhati pendidikan pasti akan menunggu-nunggu film ini…, sarat pesan moral yang perlu disikapi…

  5. Memang, Laskar Pelangi sebuah novel yang memikat. Dan novel ini menjadi penting, sebab jarang sekali penulis kita berkisah tentang masalah pendidikan.

    Laskar Pelangi adalah gairah perjuangan anak-anak buruh tambah timah yang miskin di Belitung untuk merebut kesempatan bersekolah. Gabungan fiksi dan rekonstruksi pengalaman masa kecil yang ditulis dari perspektif tokohnya setelah dewasa.

    Novel ini menjadi sangat aktual karena saat ini dunia pendidikan kita sedang dihantam bencana besar, yaitu putus sekolah dalam jumlah yang mengerikan.

    Bagi yang berminat, aku baru saja memposting artikel,”12 Juta Anak Indonesia Putus Sekolah”. terima kasih.

    http://ayomerdeka.wordpress.com/

  6. hasil download laskar pelangi kenapa cuma sampai pada BAB 24??? Kenapa BAB selanjutnya gak ada mas????Apa saya yang salah nge download??? “Mohon petunjuk”..Thanks

  7. andai presiden pada zamannya anak – anak laskar pelangi membaca buku ini , sungguh mungkin rasa penyesalan tak terbendung yang kan terlontar . mengapa ? karena tunas bangsa yang sangat berkompeten dan bertalenta jitu , seperti mahar, lintang dsb, sangat dikebirikan oleh dunia pendidikan hanya karena adanya faktor ekonomi semata. mengapa mereka yang tak diragukan sebagai penerus bangsa , tak ada sedikitpun uluran dari pemerintah pada zamannya untuk meraih semua cita – cita mereka????!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: