SMA N 1 Cepiring Melantik 70 Calon Bantara

KHIDMAT: Pak Yos (berdiri) dalam pelantikan Bantara pada Jumat (10/3) di GOR SMAN 1 Cepiring.Sore (10/3) ini, Gudep SMAN 1 Cepiring dengan Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono (SSHB) IX dan Mustika Eka Sapta (MES) mengadakan kegiatan Pelantikan Calon Bantara.

Setelah melewati serangkaian “pendadaran” yang sudah dilaksanakan pada pekan sebelumnya, sebanyak 70 anggota pramuka (putra dan putri) calon Bantara yang notabene masih kelas X (baca: sepuluh) akhirnya resmi menjadi seorang Bantara. Penegak Bantara adalah tingkatan pertama dari dua jenjang kepramukaan dalam usia penegak (16-20 tahun) yang kemudian cukup disebut dengan Bantara: tingkatan kedua adalah Laksana.

 Kebiasaan -dalam istilah pramuka disebut adat- yang berlaku di ambalan SSHB dan MES, acara pelantikan Bantara menghadirkan wali murid atau orang tua calon anggota. Di hadapan para wali murid, calon anggota diuji materi kepramukaannya sesuai dengan SKU (syarat menjadi Bantara) oleh para pembina. Selanjutnya, setelah para calon Bantara dinilai layak untuk dilantik, mereka dianjurkan minta restu atau sungkem kepada orang tuanya. Hal ini diharapkan agar kegiatan mereka diketahui dan direstui orang tua selain sebagai orang yang menyematkan Dek Bantara: tanda tingkatan di pundak. Upacara pelantikan yang dimulai pukul 14.00 tersebut dibuka Waka Kesiswaan Yoshi Rachmartdi, S.Pd.,M.Si. mewakili kepala sekolah karena berhalangan hadir.

Tinggalkan komentar