ANALISIS SWOT

No Fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan Kondisi

Nyata

Tk. Kesiapan Faktor
Siap

(S/O)

Tdk Siap

(W/T)

A

1

Fungsi Kurikulum

Faktor Internal

  1. Dokumentasi Kuriku lum
    1. Standar kompetensi setiap mapel
  1. ada dan lengkap.
  2. Ada dan kengkap
  1. ada dan perlu penyempurnaan
  2. Ada dan lengkap

  1. Silabus setiap mapel.
  1. Texbook setiap mapel.
  2. Rencana dan program kurikulum
  3. Rencana dan program evaluasi kurikulum.
  4. Pedoman pengembangan kurikulum.
  5. Tim pengembang kurikulum.

  1. Ada dan lengkap
  2. Tersedi
  3. Ada dan lengka
  4. Ada dan lengka
  5. Ada dan lengka
  1. Ada dan mampu.
  1. Ada dan  perlu penyempurnaan
  2. Tersedia.
  3. Ada namun kurang lengkap.
  4. Ada namun kurang lengkap.
  5. Ada dan lengkap.
  1. Ada namun belum efektif

2 Faktor Eksternal

  1. Kesesuaian dengan kemajuan iptek.
  2. Kesesuaian dengan tuntutan masyarakat.
  3. Kesesuaian dengan perubahan nilai.
  4. Kesesuaian dengan karakteristik siswa.
  1. Tinggi
  1. Tinggi
  1. Tinggi
  1. Tinggi
  1. Cukup
  1. Cukup
  1. Cukup
  1. kurang

B.

1

2

Fungsi Proses Belajar Mengajar

Faktor Internal

  1. Penggunaan metode mengajar.
  2. Motivasi guru.
  3. Motivasi siswa.
  4. Hubungan guru – siswa.
  5. Waktu pelajaran.

Faktor Eksternal.

  1. Linbgkungan Fisik
  2. Lingkungan sosial.
Variasi

Tinggi

Tinggi

Akrab

Efektif

Tenang

Kondusif

Kurang Variatif

Cukup

Cukup

Akrab

Efektif

Tenang

Kondusif

C

1

2

Fungsi Tenaga Pendi-dik dan Kependidikan

Faktor Internal

  1. Kwalifikasi pendidik an.dan tenaga kepen-didikan
  2. Kemampuan.
  3. Disiplin.
  4. Komitmen/ kekompakan.
  5. Motivasi.
  6. Inisiatif dan kreatifitas.
  7. Peningkatan SDM
  8. Penghargaan Guru Berprestasi

Faktor eksternal.

  1. Pengurus Komite se- kolah.
  2. Dukungan Komite se-kolah.
  3. Partisipasi masyarakat.
  4. Gangguan masyarakat.
  1. Sesuai/ tinggi.
  1. Tinggi.
  2. Tinggi
  3. Tinggi
  1. Tinggi
  2. Tinggi
  1. Ada
  2. Ada
  1. Ada
  1. Tinggi
  1. Tinggi
  1. Tidak ada
  1. Cukup tinggi
  1. Cukup tinggi
  2. Cukup
  3. Cukup
  1. Cukup
  2. Kurang
  1. Kurang
  2. Cukup
  1. Ada
  1. Tinggi
  1. Kurang
  1. Tidak ada.

D

1

Fungsi Pengembangan Fasilitas (Sarana-Prasarana Sekolah)

Faktor Internal

  1. Ketersediaan sarana prasarana sekolah (Lab IPA, komputer, bahasa, Perpusakaan)
  2. Rencana Pengem- bangan sarana pra-sarana sekolah.
  3. Tersedianya dana untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah.
  4. Perawatan fasilitas sekolah.
  1. Memadai
  1. Ada
  1. Tersedia
  1. Baik
  1. Ada namun ku rang lengkap
  1. Ada namun perlu penyem purnaan
  2. Kurang

d. Cukup

2 Faktor Eksternal

  1. Keamanan terhadap sarana prasarana seko lah.
  2. Partisipasi masyara-kat terhadap pe-ngembangan fasilitas sekolah.
  1. Aman
  1. Ada
  1. Cukup
  1. Ada

E

1

Fungsi Pengelolaan/ Manajemen Sekolah

Faktor Internal

  1. Pedoman Pengelola- an Sekolah
  2. Pelaksanaan Kegiatan Sekolah
  3. Program Kesiswaan
  4. Program Evaluasi
  5. Pengembangan Sistem Informasi manajemen
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  2. Ada
  3. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  2. Ada
  3. Kurang

2 Faktor Eksternal

  1. Dukungan dari Dinas Dikpora Kabupaten/ Propinsi
  2. Kontrol Dinas DIkpora/ Pengawas
  3. Pembinaan Disan Dikpora Kabupaten/ Provinsi
  4. Pengawasan Masyarakat
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada

F

1

2

Fungsi Keuangan

Faktor Internal

  1. RAPBS.
  2. Mental Pengelola.
  3. Disiplin Anggaran.
  4. Akuntabilitas.
  5. Kemampuan pengelola.
  6. Jumlah anggaran.
  7. Pengawasan intern.

Faktor Eksternal

  1. Subsidi Pemerintah.
  2. Partisipasi orangtua / wali siswa.
  3. Pengawasan ekstern.
  4. Sumber dana lain.

  1. Ada
  2. Baik
  3. Tinggi
  4. Tinggi
  5. Tinggi
  1. Tinggi
  2. Cukup
  1. Tinggi
  2. Tinggi
  1. Tingg
  2. Ada
  1. Ada
  2. Baik
  3. Tinggi
  4. Tinggi
  5. Tinggi
  1. Terbatas
  2. Tinggi
  1. Kurang
  2. Tinggi
  1. Tinggi
  2. Ada

G

1

Fungsi Pengembangan Sistem Penilaian

Faktor Internal

  1. Pedoman Sistem Pen-laian
  2. Penyusunan alat peni-aian
  3. Pelaksanaan penlaian
  4. Pengembangan sistem penilaian
  5. Target pencapaian prestasi.
  6. Laporan penilaian
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  2. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  1. Ada
  2. kurang
  1. ada
  1. Ada

2 Faktor Eksternal

  1. Supervisi Kepala Sekolah.
  2. Supervisi Pengawas.
  3. Supervisi Klinis.
  4. Diklat di Tingkat Kabupaten/ Propinsi/Nasional.
  5. Masukan Masyarakat/ Wali Murid
  1. Terlaksana baik.
  2. Terlaksana
  3. Terlaksana
  4. Ada
  5. Ada
  1. Terlaksana baik.
  1. Terlaksana
  1. Terlaksana
  1. Ada
  2. Cukup

H

1

Fungsi Hubungan Sekolah – Masyarakat.

Faktor Internal

  1. Ada program kerja sama dengan masyara kat.
  2. Tingkat kerjasama de ngan masyarakat.
  3. Kepedulian sekolah ter hadap masyarakat.
  1. Ada
  1. Baik
  1. Tinggi
  1. Kurang
  1. Baik
  1. Tinggi

2 Faktor Eksternal.

  1. Partisipasi aktif masya rakat terhadap kemajuan sekolah.
  2. Hambatan yang datang dari masyarakat dalam memajukan sekolah.

  1. Tinggi
  1. Tidak ada
  1. Tinggi
  1. Tidak ada

No

Fungsi dan Faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi

Nyata

Tk. Kesiapan Faktor

Siap

(S/O)

Tdk Siap

(W/T)

A

1

Fungsi Kurikulum

Faktor Internal

a. Dokumentasi Kuriku lum

b. Standar kompetensi setiap mapel

a. ada dan lengkap.

b. Ada dan kengkap

a. ada dan perlu penyempurnaan

b. Ada dan lengkap

c.

c. Silabus setiap mapel.

d. Texbook setiap mapel.

e. Rencana dan program kurikulum

f. Rencana dan program evaluasi kurikulum.

g. Pedoman pengembangan kurikulum.

h. Tim pengembang kurikulum.

c. Ada dan lengkap

d. Tersedi

e. Ada dan lengka

f. Ada dan lengka

g. Ada dan lengka

h. Ada dan mampu.

d. Ada dan  perlu penyempurnaan

e. Tersedia.

f. Ada namun kurang lengkap.

g. Ada namun kurang lengkap.

h. Ada dan lengkap.

i. Ada namun belum efektif

2

Faktor Eksternal

a. Kesesuaian dengan kemajuan iptek.

b. Kesesuaian dengan tuntutan masyarakat.

c. Kesesuaian dengan perubahan nilai.

d. Kesesuaian dengan karakteristik siswa.

a. Tinggi

b. Tinggi

c. Tinggi

d. Tinggi

a. Cukup

b. Cukup

c. Cukup

d. kurang

B.

1

2

Fungsi Proses Belajar Mengajar

Faktor Internal

a. Penggunaan metode mengajar.

b. Motivasi guru.

c. Motivasi siswa.

d. Hubungan guru – siswa.

e. Waktu pelajaran.

Faktor Eksternal.

a. Linbgkungan Fisik

b. Lingkungan sosial.

Variasi

Tinggi

Tinggi

Akrab

Efektif

Tenang

Kondusif

Kurang Variatif

Cukup

Cukup

Akrab

Efektif

Tenang

Kondusif

C

1

2

Fungsi Tenaga Pendi-dik dan Kependidikan

Faktor Internal

a. Kwalifikasi pendidik an.dan tenaga kepen-didikan

b. Kemampuan.

c. Disiplin.

d. Komitmen/ kekompakan.

e. Motivasi.

f. Inisiatif dan kreatifitas.

g. Peningkatan SDM

h. Penghargaan Guru Berprestasi

Faktor eksternal.

a. Pengurus Komite se- kolah.

b. Dukungan Komite se-kolah.

c. Partisipasi masyarakat.

d. Gangguan masyarakat.

a. Sesuai/ tinggi.

b. Tinggi.

c. Tinggi

d. Tinggi

e. Tinggi

f. Tinggi

g. Ada

h. Ada

a. Ada

b. Tinggi

c. Tinggi

d. Tidak ada

a. Cukup tinggi

b. Cukup tinggi

c. Cukup

d. Cukup

e. Cukup

f. Kurang

g. Kurang

h. Cukup

a. Ada

b. Tinggi

c. Kurang

d. Tidak ada.

D

1

Fungsi Pengembangan Fasilitas (Sarana-Prasarana Sekolah)

Faktor Internal

a. Ketersediaan sarana prasarana sekolah (Lab IPA, komputer, bahasa, Perpusakaan)

b. Rencana Pengem- bangan sarana pra-sarana sekolah.

c. Tersedianya dana untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah.

d. Perawatan fasilitas sekolah.

a. Memadai

b. Ada

c. Tersedia

d. Baik

a. Ada namun ku rang lengkap

b. Ada namun perlu penyem purnaan

c. Kurang

d. Cukup

2

Faktor Eksternal

a. Keamanan terhadap sarana prasarana seko lah.

b. Partisipasi masyara-kat terhadap pe-ngembangan fasilitas sekolah.

a. Aman

b. Ada

a. Cukup

b. Ada

E

1

Fungsi Pengelolaan/ Manajemen Sekolah

Faktor Internal

a. Pedoman Pengelola- an Sekolah

b. Pelaksanaan Kegiatan Sekolah

c. Program Kesiswaan

d. Program Evaluasi

e. Pengembangan Sistem Informasi manajemen

a. Ada

b. Ada

c. Ada

d. Ada

e. Ada

a. Ada

b. Ada

c. Ada

d. Ada

e. Kurang

2

Faktor Eksternal

a. Dukungan dari Dinas Dikpora Kabupaten/ Propinsi

b. Kontrol Dinas DIkpora/ Pengawas

c. Pembinaan Disan Dikpora Kabupaten/ Provinsi

d. Pengawasan Masyarakat

a. Ada

b. Ada

c. Ada

d. Ada

a. Ada

b. Ada

c. Ada

d. Ada

F

1

2

Fungsi Keuangan

Faktor Internal

a. RAPBS.

b. Mental Pengelola.

c. Disiplin Anggaran.

d. Akuntabilitas.

e. Kemampuan pengelola.

f. Jumlah anggaran.

g. Pengawasan intern.

Faktor Eksternal

a. Subsidi Pemerintah.

b. Partisipasi orangtua / wali siswa.

c. Pengawasan ekstern.

d. Sumber dana lain.

a. Ada

b. Baik

c. Tinggi

d. Tinggi

e. Tinggi

f. Tinggi

g. Cukup

a. Tinggi

b. Tinggi

c. Tingg

d. Ada

a. Ada

b. Baik

c. Tinggi

d. Tinggi

e. Tinggi

f. Terbatas

g. Tinggi

a. Kurang

b. Tinggi

c. Tinggi

d. Ada

G

1

Fungsi Pengembangan Sistem Penilaian

Faktor Internal

a. Pedoman Sistem Pen-laian

b. Penyusunan alat peni-aian

c. Pelaksanaan penlaian

d. Pengembangan sistem penilaian

e. Target pencapaian prestasi.

f. Laporan penilaian

a. Ada

b. Ada

c. Ada

d. Ada

e. Ada

f. Ada

a. Ada

b. Ada

c. Ada

d. kurang

e. ada

f. Ada

2

Faktor Eksternal

a. Supervisi Kepala Sekolah.

b. Supervisi Pengawas.

c. Supervisi Klinis.

d. Diklat di Tingkat Kabupaten/ Propinsi/Nasional.

e. Masukan Masyarakat/ Wali Murid

a. Terlaksana baik.

b. Terlaksana

c. Terlaksana

d. Ada

e. Ada

a. Terlaksana baik.

b. Terlaksana

c. Terlaksana

d. Ada

e. Cukup

H

1

Fungsi Hubungan Sekolah – Masyarakat.

Faktor Internal

a. Ada program kerja sama dengan masyara kat.

b. Tingkat kerjasama de ngan masyarakat.

c. Kepedulian sekolah ter hadap masyarakat.

a. Ada

b. Baik

c. Tinggi

a. Kurang

b. Baik

c. Tinggi

2

Faktor Eksternal.

a. Partisipasi aktif masya rakat terhadap kemajuan sekolah.

b. Hambatan yang datang dari masyarakat dalam memajukan sekolah.

a. Tinggi

b. Tidak ada

a. Tinggi

b. Tidak ada

Satu Tanggapan

  1. Dzieki za ciekawe informacje

Tinggalkan komentar