No | Fungsi dan Faktornya | Kriteria Kesiapan | Kondisi
Nyata |
Tk. Kesiapan Faktor | |
Siap
(S/O) |
Tdk Siap
(W/T) |
||||
A 1 |
Fungsi Kurikulum Faktor Internal
|
|
|
√
√ |
|
|
|
|
√
√ √
√
√
|
√
|
|
2 | Faktor Eksternal
|
|
|
√
√
√
|
√
|
B. 1 2 |
Fungsi Proses Belajar MengajarFaktor Internal
Faktor Eksternal.
|
Variasi
Tinggi Tinggi Akrab Efektif Tenang Kondusif |
Kurang Variatif
Cukup Cukup Akrab Efektif Tenang Kondusif |
√ √ √
√
√ √ |
√ |
C 1 2 |
Fungsi Tenaga Pendi-dik dan KependidikanFaktor Internal
Faktor eksternal.
|
|
|
√
√ √ √
√
√
√
√
√
√ |
√ √ |
D 1 |
Fungsi Pengembangan Fasilitas (Sarana-Prasarana Sekolah)
Faktor Internal
|
|
d. Cukup |
√
√
|
√
√ |
2 | Faktor Eksternal
|
|
|
√
√
|
|
E
1 |
Fungsi Pengelolaan/ Manajemen Sekolah
Faktor Internal
|
|
|
√
√
√ √
|
√ |
2 | Faktor Eksternal
|
|
|
√
√
√
√
|
|
F 1 2 |
Fungsi KeuanganFaktor Internal
Faktor Eksternal
|
|
|
√ √ √ √ √
√
√
√ √ |
√
√ |
G 1 |
Fungsi Pengembangan Sistem Penilaian Faktor Internal
|
|
|
√
√
√
√
√
|
√ |
2 | Faktor Eksternal
|
|
|
√
√
√
√ √
|
|
H
1 |
Fungsi Hubungan Sekolah – Masyarakat.
Faktor Internal
|
|
|
√
√
|
√ |
2 | Faktor Eksternal.
|
|
|
√
√
|
No |
Fungsi dan Faktornya |
Kriteria Kesiapan |
Kondisi Nyata |
Tk. Kesiapan Faktor |
|
Siap (S/O) |
Tdk Siap (W/T) |
||||
A 1
|
Fungsi Kurikulum Faktor Internal a. Dokumentasi Kuriku lum b. Standar kompetensi setiap mapel
|
a. ada dan lengkap. b. Ada dan kengkap
|
a. ada dan perlu penyempurnaan b. Ada dan lengkap
c. |
√
√
|
|
|
c. Silabus setiap mapel.
d. Texbook setiap mapel. e. Rencana dan program kurikulum f. Rencana dan program evaluasi kurikulum. g. Pedoman pengembangan kurikulum. h. Tim pengembang kurikulum.
|
c. Ada dan lengkap d. Tersedi e. Ada dan lengka f. Ada dan lengka g. Ada dan lengka
h. Ada dan mampu.
|
d. Ada dan perlu penyempurnaan e. Tersedia. f. Ada namun kurang lengkap. g. Ada namun kurang lengkap. h. Ada dan lengkap.
i. Ada namun belum efektif |
√
√ √
√
√
|
√
|
2 |
Faktor Eksternal a. Kesesuaian dengan kemajuan iptek. b. Kesesuaian dengan tuntutan masyarakat. c. Kesesuaian dengan perubahan nilai. d. Kesesuaian dengan karakteristik siswa. |
a. Tinggi
b. Tinggi
c. Tinggi
d. Tinggi
|
a. Cukup
b. Cukup
c. Cukup
d. kurang
|
√
√
√
|
√
|
B.
1
2 |
Fungsi Proses Belajar MengajarFaktor Internala. Penggunaan metode mengajar. b. Motivasi guru. c. Motivasi siswa. d. Hubungan guru – siswa. e. Waktu pelajaran.
Faktor Eksternal. a. Linbgkungan Fisik b. Lingkungan sosial. |
Variasi
Tinggi Tinggi Akrab
Efektif
Tenang Kondusif |
Kurang Variatif
Cukup Cukup Akrab
Efektif
Tenang Kondusif |
√ √ √
√
√ √
|
√
|
C
1
2 |
Fungsi Tenaga Pendi-dik dan KependidikanFaktor Internal a. Kwalifikasi pendidik an.dan tenaga kepen-didikan b. Kemampuan. c. Disiplin. d. Komitmen/ kekompakan. e. Motivasi. f. Inisiatif dan kreatifitas. g. Peningkatan SDM h. Penghargaan Guru Berprestasi
Faktor eksternal. a. Pengurus Komite se- kolah. b. Dukungan Komite se-kolah. c. Partisipasi masyarakat. d. Gangguan masyarakat. |
a. Sesuai/ tinggi.
b. Tinggi. c. Tinggi d. Tinggi
e. Tinggi f. Tinggi
g. Ada h. Ada
a. Ada
b. Tinggi
c. Tinggi
d. Tidak ada |
a. Cukup tinggi
b. Cukup tinggi c. Cukup d. Cukup
e. Cukup f. Kurang
g. Kurang h. Cukup
a. Ada
b. Tinggi
c. Kurang
d. Tidak ada. |
√
√ √ √
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
D
1 |
Fungsi Pengembangan Fasilitas (Sarana-Prasarana Sekolah)
Faktor Internal a. Ketersediaan sarana prasarana sekolah (Lab IPA, komputer, bahasa, Perpusakaan) b. Rencana Pengem- bangan sarana pra-sarana sekolah. c. Tersedianya dana untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah. d. Perawatan fasilitas sekolah.
|
a. Memadai
b. Ada
c. Tersedia
d. Baik
|
a. Ada namun ku rang lengkap
b. Ada namun perlu penyem purnaan c. Kurang
d. Cukup |
√
√
|
√
√
|
2 |
Faktor Eksternal a. Keamanan terhadap sarana prasarana seko lah. b. Partisipasi masyara-kat terhadap pe-ngembangan fasilitas sekolah. |
a. Aman
b. Ada
|
a. Cukup
b. Ada
|
√
√
|
|
E
1
|
Fungsi Pengelolaan/ Manajemen Sekolah Faktor Internal a. Pedoman Pengelola- an Sekolah b. Pelaksanaan Kegiatan Sekolah c. Program Kesiswaan d. Program Evaluasi e. Pengembangan Sistem Informasi manajemen
|
a. Ada
b. Ada
c. Ada d. Ada e. Ada
|
a. Ada
b. Ada
c. Ada d. Ada e. Kurang
|
√
√
√ √
|
√ |
2
|
Faktor Eksternal a. Dukungan dari Dinas Dikpora Kabupaten/ Propinsi b. Kontrol Dinas DIkpora/ Pengawas c. Pembinaan Disan Dikpora Kabupaten/ Provinsi d. Pengawasan Masyarakat
|
a. Ada
b. Ada
c. Ada
d. Ada
|
a. Ada
b. Ada
c. Ada
d. Ada |
√
√
√
√
|
|
F 1
2 |
Fungsi KeuanganFaktor Internal a. RAPBS. b. Mental Pengelola. c. Disiplin Anggaran. d. Akuntabilitas. e. Kemampuan pengelola. f. Jumlah anggaran. g. Pengawasan intern.
Faktor Eksternal a. Subsidi Pemerintah. b. Partisipasi orangtua / wali siswa. c. Pengawasan ekstern. d. Sumber dana lain. |
a. Ada b. Baik c. Tinggi d. Tinggi e. Tinggi
f. Tinggi g. Cukup
a. Tinggi b. Tinggi
c. Tingg d. Ada |
a. Ada b. Baik c. Tinggi d. Tinggi e. Tinggi
f. Terbatas g. Tinggi
a. Kurang b. Tinggi
c. Tinggi d. Ada |
√ √ √ √ √
√
√
√ √ |
√
√
|
G
1
|
Fungsi Pengembangan Sistem Penilaian Faktor Internal a. Pedoman Sistem Pen-laian b. Penyusunan alat peni-aian c. Pelaksanaan penlaian d. Pengembangan sistem penilaian e. Target pencapaian prestasi. f. Laporan penilaian
|
a. Ada
b. Ada
c. Ada d. Ada
e. Ada
f. Ada
|
a. Ada
b. Ada
c. Ada d. kurang
e. ada
f. Ada
|
√
√
√
√
√
|
√
|
2 |
Faktor Eksternal a. Supervisi Kepala Sekolah. b. Supervisi Pengawas. c. Supervisi Klinis. d. Diklat di Tingkat Kabupaten/ Propinsi/Nasional. e. Masukan Masyarakat/ Wali Murid
|
a. Terlaksana baik. b. Terlaksana c. Terlaksana d. Ada e. Ada
|
a. Terlaksana baik.
b. Terlaksana
c. Terlaksana
d. Ada e. Cukup
|
√
√
√
√ √
|
|
H
1
|
Fungsi Hubungan Sekolah – Masyarakat.
Faktor Internal a. Ada program kerja sama dengan masyara kat. b. Tingkat kerjasama de ngan masyarakat. c. Kepedulian sekolah ter hadap masyarakat.
|
a. Ada
b. Baik
c. Tinggi
|
a. Kurang
b. Baik
c. Tinggi
|
√
√
|
√
|
2 |
Faktor Eksternal. a. Partisipasi aktif masya rakat terhadap kemajuan sekolah. b. Hambatan yang datang dari masyarakat dalam memajukan sekolah.
|
a. Tinggi
b. Tidak ada
|
a. Tinggi
b. Tidak ada
|
√
√
|
|
Dzieki za ciekawe informacje