Tantangan, Sasaran dan Identifikasi Fungsi Sekolah

Identifikasi Tantangan Nyata

  1. Belum tersedianya dokumen kurikulum (KTSP) belum lengkap baik berupa silabus, RPP, maupun perangkat evaluasi/ penilaian.
  2. Masih kurang optimalnya fungsi dan peran Tim Pengembang sekolah
  3. Masih adanya kesenjangan  muatan kurikulum dengan karakteristik siswa
  4. Masih adanya beberapa guru yang kurang mampu memanfaatkan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif
  5. Masih kurangnya optimal SDM guru maupun tenaga pelaksana Tatausaha dalam bekerja.
  6. Masih terdapatnya sebagian kecil (+ 2%) guru yang berkualifikasi pendidikan DIII
  7. Masih menyatunya gedung laboratorium Fisika dan Biologi dengan Laboratorium Kimia (Lab. IPA).
  8. Terbatasnya dana untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah.
  9. Masih lemahnya sistem pengelolaan informasi kepada masyarakat.
  10. Masih erbatasnya ketersediaan dana untuk pengembangan sekolah
  11. Guru kurang mampu mengembangkan sistem penilaian
  12. Masih lemahnya kerjasama sekolah dengan masyarakat dalam pengembangan sekolah.

.Sasaran / Tujuan Situasional Sekolah

  1. Bekerjasama dengan seluruh Stakeholders (warga sekolah dan warga masyarakat) yang ada berupaya menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  2. Mengoptimalkan funsi dan peran Tim Pengembang sehingga mampu menyusun dan mengembangkan rencana jangka pendek dan jangka panjang pengembangan sekola
  3. Bekerjasama dengan seluruh stakeholder menyusun kurikulum yang relevan dengan kebutuhan siswa
  4. Meningkatkan kemampuan profesional guru dalam mengajar sehingga mampu menerapkan metode pembelajaran yang konstruktif dan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
  5. Meningkatkan kompetensi dan kinerja tenaga kependidikan sehingga mampu melayani kebutuhan sekolah secara  profesional
  6. Memberikan kesempatan dan memberikan dukungan dana partisipasif bagi guru DIII untuk menempuh pendidikan jenjang S-1.
  7. Mengupayakan bantuan dari pemerintah daerah untuk membangun kekurangan 2 laboratorium Fisika-Media, Kimia-Biologi  agar dapat berfungsi secara mandiri.
  8. Membangun situs Web-SMA 1 Cepiring sebagai pusat pengelolaan informasi.
  9. Berupaya meningkatkan profesionalisme guru dalam menyusun dan mengembangkan alat penilaian melalui pelatihan (workshop)
  10. Berupaya membangun kerjasama sekolah dengan masyarakat dan lembaga-lembaga kursus, lembaga sosial, dan perguruan tinggi.

Identifikasi Fungsi-fungsi Sekolah

  1. Fungsi pengembangan kurikulum
  • Tersedianya dokumen kurikulum  yang lengkap.
  • Terdapatnya pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan masyarakat.
  • Terciptanya fungsi dan peran Tim Pengembang Kurikulum sekolah yang efektif.

2.  Fungsi proses belajar mengajar

  • Terciptanya pelaksanaan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

3.  Fungsi ketenagaan

  • Terwujudnya tenaga pendidik yang profesional
  • Tercapainya tingkat kelulusan guru bersertifikasi yang tinggi
  • Mendorong terpenuhinya kualifikasi S-1 (100%) dan S-2 secara bertahap

4.  Fungsi pengembangan fasilitas

  • Semakin terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana sekolah khususnya Laboratorium Fisika dan Biologi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas sebagai upaya terciptanya peningkatan mutu pendidikan.

5. Fungsi Pengelolaan

  • Terlaksananya standar sistem pengelolaan/ manajemen sekolah yang efektif dan efisien
  • Terciptanya sistem pelayanan kepada seluruh stakeholder secara cepat dan tepat.

6.  Fungsi keuangan

Terwujudnya pelaksanaan anggaran yang efisien, sesuai dengan rancana, dan adanya transfaransi serta manajemen keuangan yang akuntabel.

7. Fungsi Sistem penilaian

  • Terpenuhinya standar minimal baik dari segi kuantitas maupun kualitas Fungsi perencanaan dan evaluasi
  • Terwujudnya perencanaan/program kerja/kegiatan yang sistematis dan realistis serta adanya program dan pelaksanaan evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan.

8. Fungsi hubungan sekolah dengan masyarakat

  • Terjalinnya hubungan yang harmonis (selaras, serasi, dan seimbang) antara sekolah dengan masyarakat, sehingga membantu terwujudnya manajemen sekolah yang berbasis masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: