SNMPTN 2016

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2016 sudah dimulai. Pendaftaran dibuka pada 29 Februari 2016 Kemarin dan akan ditutup 12 Maret 2016 mendatang.

Untuk tahun ini, Panitia SNM PTN memberlakukan kuota pelamar. Hasilnya, dari 2.069.709 siswa (sumber: database panitia_red) hanya 1.362.849 siswa kelas XII saja yang mendapat kesempatan untuk bisa mendaftar. Jika seluruh siswa yang masuk kuota itu mendaftar, rekor pendaftaran SNM PTN selama ini terpecahkan. Tahun lalu total pendaftar 852.093 siswa, sedangkan 2014 sebanyak 777.536 siswa.

Koordinator Kelompok Kerja Humas SNM PTN 2016 Bambang Hermanto menegaskan, sejak awal panitia menginformasikan bahwa tidak semua siswa kelas XII bisa mendaftar SNM PTN. “Karena mulai tahun ini diberlakukan pembagian kuota berdasarkan akreditasi sekolah” terang beliau seperti dikutip Jawa Pos.

Meski demikian, bagi pelamar yang tidak masuk kuota SNM PTN masih diberi kesempatan untuk bisa mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN). Ada dua seleksi lagi selain SNM PTN, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN) dan seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh kampus itu sendiri.

Penetapan kuota sendiri, berdasar keterangan panitia SNM PTN, bersifat final. Artinya, sudah tidak bisa dirubah atau diganti baik oleh panitia maupun sekolah. Seperti contoh, siswa yang masuk kuota boleh mendaftar SNM PTN tetapi tidak mendaftar, maka kuotanya tidak bisa diganti oleh siswa lain. Sehingga, dibiarkan kosong.

“Bagaimanapun, tidak semua siswa yang masuk kuota itu ingin kuliah di PTN” ujar Rochmat Wahab, Ketua Umum SNM PTN 2016 dalam kutipan Jawa Pos hari ini.

Berdasar data yang dihimpun sampai pukul 16.16 kemarin, jumlah pendaftar yang masuk 14.647 siswa. Dari jumlah tersebut hanya 8.361 siswa yang sudah melakukan finalisasi pendaftaran dan 979 siswa diantaranya mengajukan bidikmisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: