Terlambat, Kosongkan Sampah di Bak

TERLAMBAT MASUK: dua siswi yang akan menuju ke TPA sekolah untuk buang sampah

TERLAMBAT MASUK: dua siswi yang akan menuju ke TPA sekolah untuk buang sampah

Pendidikan karakter selalu didengung-dengunkan oleh seluruh kalangan, komponen, maupun unsur-unsur lembaga peduli karakter anak bangsa -termasuk orang dewasa. Tidak terkecuali di SMA 1 Cepiring.

Di sekolah yang nota bene pinggiran kota ini, pendidikan karakter siswa berjalan cukup baik. Ini tercermin dari tindakan sekolah -meskipun inisiatif guru piket- terhadap siswa yang terlambat masuk sekolah. Sekedar informasi saja, bel masuk untuk SMA 1 Cepiring adalah pukul 07.00. Berselang satu menit, lagu Indonesia Raya (seluruh civitas sekolah berdiri sebagai tanda hormat sambil berlagu) berkumandang sebagai tanda akan dimulainya jam pelajaran.

Nah, setelah lagu selesai, kriteria terlambat mulai diberlakukan. Bagi siswa yang datang (masuk gerbang sekolah) setelah lagu selesai dianggap sudah terlambat masuk. Dan, proses selanjutnya adalah lapor kepada guru piket (setiap hari 4 orang secara bergiliran) yang sudah berjaga di depan: Pojok Ketertiban. Setelah itu, mereka yang terlambat diberi sanksi: tepatnya diberi tugas. Push-up? Tidak. Lari keliling lapangan? Bukan. Dijemur di lapangan sambil hormat bendera? Bukan juga (meskipun pernah). Lalu?

Tetapi, mereka diberi tugas untuk mengosongkan seluruh tempat sampah -di depan kelas dan bangunan fasilitas sekolah- untuk dibuang sampahnya ke tempat pembuangan akhir (TPA) sekolah yang terletak di sisi selatan gedung. Mereka akan diberi surat izin masuk setelah semua tugas dilaksanakan. “Kalau belum selesai ya belum bisa dapat surat (izin masuk)” kata Nurudin, S.Pd yang kebetulan menjadi guru piket saat tim pencari berita melakukan wawancara. “Itu (membuang sampah) hanya untuk membuat efek jera saja, dan mendidik siswa berlatih dalam kebersihan lingkungan” imbuh guru pengampu Bimbingan Konselilng (BK).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: