Pemilu itu Penting, Memilih Pemimpin juga Penting

01-pemiluKomisi Pemlihan Umum (KPU) Kendal, Kamis (20/2) kemarin, menyambangi SMA 1 Cepiring. Diwakili salah seorang anggota komisioner Fahroji, S.Pd, KPU melakukan sosialisasi pemilihan umum (pemilu). Pada April mendatang, akan diselenggarakan event besar tersebut. Pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.Kota.

KPU merambah sekolah tentunya bukan tanpa alasan. Menurut fahroji, siswa adalah pemilih pemula yang perlu pengarahan mengenai pemilu. Apa itu pemilu? Kenapa harus pemilu? Dan bagaimana mekanismenya? “Itu sangat penting” ujar beliau.

Indonesia adalah negara yang berpaham demokratis,  untuk itu menurut anggota komisoner KPU asal Sukorejo itu, dalam memilih seorang pemimpin haruslah melalui pemilu.  Sehingga pemilu itu penting. Kepada para siswa, beliau mencontohkan bagaimana suatu kelas bila tanpa ada seorang ketua kelas? (Meski berbeda “iklim”nya dengan pemerintahan sebuah negara) Keadaan kelas pasti terjadi ketidaknyamanan. Gaduh, kegiatan belajar mengajar tidak tertib, dan lain sebagainya: meski terkadang bebrapa siswa malah senang, hehehe..).

Sebelum acara diakhiri pada pukul 12.30 tersebut, dibantu seorang staf (mas Andri), komisioner KPU tersebut memberikan simulasi. Pada coblosan pemilu nanti, kertas suara terdiri dari 4 (empat) lembar kartu coblosan dengan ciri-ciri warna yangberbeda untuk tiap kategori. Di depan siswa yang antusias menyimak, Fahroji memperlihatkan (membuka) contoh kartu coblosan (tanpa menyangkut segala macam atribut partai peserta pemilu). Untuk DPR RI memiliki ciri khusus warna kuning (sisi atas). DPD warna merah, DPRD Provinsi (kuning), dan DPRD Kabupaten/Kota (hijau). Adapaun untuk pemilihan DPRD Kabupten/Kota, pemilih harus memilih calon sesauai daerah pemilihan (dapil) masing-masing (sesuai ketentuan KPU setempat). Kabupaten Kendal sendiri dibagi menjadi 6 (enam) dapil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: