Care, Empatic, Passion, Integrity, Respect, Inovative, Nationalist and Glory

Assalamualaikum wr. wb.

cepiringvalueMenggagas tentang pergantian tahun selalunya ada gnjalan dengan kondisi nyata yang berkembang saat ini, Momentum ini digunakan untuk ajang meluapkan kesenangan-kesenangan sesaat dengan pesta pora dan kegiatan-kegiatan hedonis lainnya yang notabene lebh banyak unsur negatifnya dibanding nilai-nilai positif yang termunculkan.

Ada baiknya memang momentum tahun baru diisi oleh kegiatan yang lebih positif dengan mengendepankan evaluasi terhadap perilaku dan perolehan selama 1 tahun berlalu dan penyusunan rencana 1 tahun ke depan guna perbaikan kualitas diri dan lingkungannya.

Merasa diri sebagai orang yang mencintai almamater, SMA Negeri 1 Cepiring, saya mencoba untuk merumuskan nilai-nilai yang termunculkan dari setiap kata yang ada kata CEPIRING yang akhirnya menjadi resolusi saya untuk menjadi pribadi lebih baik dengan kat-kata yang muncul tersebut, kata-kata tersebut adalah:

  1. C, Care (peduli) yaitu tindakan yang dilakukan seseorang kepada orang/sesuatu  yang mereka sayangi. Dan tindakan itu berdasar dari hati dan dapat dirasakan juga dengan hati.
  2. E, Empatic, (merasa dan mengambil bagian permasalahan) yaitu respons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain. Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain/lingkungannya, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain.
  3. P. Passion (Semangat dengan Cinta dan ketulusan) adalah sesuatu yg dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia
    Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi.
    Passion adalah ketika kita melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal yang lain.
    passion adalah sesuatu yang sangat kita sukai, sesuatu yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa kita merasa capek. (http://indhry.blogdetik.com/personal/passion/)
  4. I, Integrity, (integritas, jujur, apa adanya) berarti “mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran.” Kesatuan dalam hal ini berarti adanya konsistensi antara apa yang kita katakan dengan apa yang kita perbuat.(Kamus Besar Bahasa Indonesia)
  5. R, Respect menghargai, menghormati, toleransi dalam segala hal) adalah merupakan bentuk penghargaan kepada orang lain. tanpa pamrih dan ikhlas.
  6. I, Inovative, Usaha seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya. Yaitu Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru.
  7. N, Nationalist, Pencinta Nusa dan bangsa, sikap menghargai bangsa dan negara dan berani membela demi kebaikan bangsanya.
  8. G, Glory, Kejayaan, Kebesaran, Kemenangan, adalah sikap menghargai dan mengarah kepada pikiran, tindakan dan cita-cita besar yang akan diraih.

Semoga bermanfaat

Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: