Pendidikan Ketaatan dalam Idul Adha

Tepat pukul 06.30 pagi, pada Selasa (15/10) lalu, keluarga besar SMA 1 Cepiring melaksanakan solat Id di halaman sekolah. Bertindak selaku imam dan khotib salat adalah KH. Ahmad Baliya Nukman.

DAGING KURBAN: sejumlah warga mengambil jatah bingkisan selesai salat Id.

DAGING KURBAN: sejumlah warga mengambil jatah bingkisan selesai salat Id.

Dalam khutbahnya, cucu dari Mbah Nukman (kyai khos kondang) asal Pegandon itu menitik beratkan pada perilaku takwa kepada Allah. Ismail (nabi) yang kala itu masih berumur 12 tahun diberitahu ayahnya, Nabi Ibrahim, bermimpi untuk menyembelih Ismail atas perintah Allah karena bentuk ujian ketaatan kepada Tuhannya. Meski tergolong masih bocah, Ismail -yang kelak juga diangkat menjadi nabi- memiliki keimanan dan ketaatan yang begitu kuat kepada Allah yang selanjutnya disebut takwa. Tanpa ragu Ismail mengiyakan Ibrahim (ayahnya) melaksanakan hal tersebut karena sebuah ketaatan melaksanakan perintah Allah. Dengan ketakwaan yang dibuktikan oleh Ibrahim, maka Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba untuk selanjutnya dijadikan hewan kurban.

Selain penyembelihan hewan kurban setelah pelaksanaan solat Id, lanjut beliau, kaum muslimin disunahkan (sunah muakad) melaksanakan puasa dua hari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah (hari raya kurban). Puasa tarwiyah dan puasa arafah yang masing-masing dilaksanakan berurutan pada 8 dan 9 Dzulhijjah.

Usai melaksanakan solat, para siswa khususnya pengurus OSIS untuk tidak pulang terlebih dahulu dan ikut membantu dalam proses penyembilahn serta pembagian daging kurban kepada warga. Pembagian daging kurban diutamakan warga sekitar yang pengaturannya dibantu Ketua RT setempat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: