Jumat Sehat, Olahraga Jangan Menunggu Sakit

Jumat Sehat. Agenda kegiatan SMA 1 Cepiring pada setiap Jumat pagi diisi kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan seperti jalan sehat,  senam jasmani, ataupun bersih lingkungan kelas. Seluruh komponen sekolah tak terkecuali tukang kebun dilibatkan dalam kegiatan Jumat Sehat ini. Tujuannya satu, tercipta masyarakat sekolah yang sehat.

Tanpa disadari, masyarakat secara umum masih sering salah kaprah dalam memahami dan menyikapi olahraga. Olahraga dianggap sebagai aktivitas yang menyusahkan diri, membuang-buang waktu, dan membosankan sehingga terciptalah budaya bahwa olahraga hanya dilakukan seseorang sakit atau berusia lanjut. Sering kita melihat, orang yang rutin berolahraga adalah orang yang memiliki tubuh ideal setelah obesitas, karena terkena diabetes, serangan jantung, dan penyakit lainnya, serta orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia).

Lalu, keapa mereka baru berolahraga setelah sakit atau lansia? Ke manakah mereka ketika sehat dan muda? Kita harus mampu mengubah paradigma keliru itu. Idealnya, olahraga harus dipahami sebagai kebutuhan setiap orang yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Bukan sebaliknya. Olahraga bukan aktivitas yang menyiksa diri dan membosankan. Rutin berjalan kaki dalam aktivitas sehari-hari seperti menyapu, mencuci, berkebun, saja sudah termasuk olahraga. Juga saat di mal usahakan kita berjalan menggunakan tangga manual, bukan lift/ekskalator. Bersepeda jelas salah satu olahraga menyenangkan.

Mari berolahraga sebelum sakit..!!

sumber: Bara Sauma Adiguna, JP, 12/11/12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: