Bantu Fakir Miskin Sekolah Bentuk Amil

Melengkapi kegiatan program sekolah di bulan Ramadhan yang dikemas dalam “Jamu Ramadhan”, SMA 1 Cepiring membentuk amil atau panitia pembagian zakat yang dikomando langsung oleh wakasek kesiswaan. Untuk mendukung program tersebut berjalan lancar, para siswa dan guru diajak untuk membayarkan zakatnya di sekolah.

Untuk pembayaran zakat sendiri dibayarkan dalam wujud uang dengan  besaran Rp 20ribu. Pengumpulannya, pembayaran dilakukan di kelas masing-masing melalui bendahara kelas yang kemudian disetorkan kepada bendahara amil sekolah. Dari data terakhir yang diperoleh, telah terkumpul uang sebesar Rp 13.110.000.

Untuk mempermudah pendistribusian zakat, selanjutnya uang tersebut diwujudkan dalam bentuk beras. Dari sejumlah uang tersebut diperoleh beras 12 lebih 1/4 kwintal. Pagi tadi, sekolah telah mendistribusikan zakat tersebut melalui amil-amil yang sudah terlebih dahulu mendaftar sekolah. Sebarannya pun cukup luas meskipun masih di kawasan Kendal -dari Kendal sampai Weleri- selain warga sekitar sekolah. Setiap amil besarannya pun tidak sama, biasanya sesuai dengan jumlah permintaan.

Khusus untuk warga sekitar sekolah, pembagian atau perolehan “jatah” beras zakat per orang diberikan lebih. Sekolah memberikan lebih setengah kilogram dari jatah beras biasanya, sehingga setiap orang mendapatkan 3 kg beras. Dan, ditambah uang sebesar 15 ribu rupiah. Dari data yang dihimpun, amil sekolah mencatat ada 211 mustahiq di wilayah sekitar sekolah tersebut.

Dan, saat posting ini dimuat, sedang berlangsung pengajian pesantren Ramadhan menjelang bedug magrib yang nantinya dilanjutkan buka puasa bersama. Adapun malamnya masih diisi acara qiyamullail yang diikuti oleh pengurus OSIS ditambah perwakilan dari masing-masing kelas. Qiyamullail ini dipandu langsung oleh Wakasek Kesiswaan Pak Muhlisin. Kegiatan diakhiri setelah salat subuh berjamaah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: