Studi Banding ke SMA 1 Bojong bawa “oleh-oleh”

Berbekal ingin memajukan dan meningkatkan aktivitas para civitas sekolah, Selasa (13/12) kemarin, Kepala Sekolah, Pak Siswanto, mengajak beberapa komponen sekolah (Pengurus OSIS lengkap, ekskul: basket, voli, atletik, dan grup musik) di SMA 1 Cepiring bertandang ke SMA 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan. Kunjungan yang sering disebut dengan istilah studi banding ini disambut cukup hangat oleh keluarga besar SMA 1 Bojong yang dipimpin oleh Ibu Hj. Dra. Sri Wahyuni.Sejak pukul 07.30 pagi rombongan bertolak dari sekolah yang berada di sebelah barat kota kabupaten Kendal tersebut menuju ke Kabupaten Pekalongan. Meskipun melakukan perjalanan selama 3 jam, para peserta studi banding (SMA 1 Cepiring) tidak merasakan itu adalah hal yang melelahkan. Pasalnya, setiba di tempat tujuan, mereka serasa terobati oleh sambutan ramah dan suka cita oleh tuan rumah. Itu ditunjukkan dengan mengularnya barisan penerima tamu baik dari siswa maupun para guru, mulai dari pintu gerbang sampai ke aula pertemuan. Setelah rombongan tiba, dilanjutkan dengan acara seremonial penyambutan dengan diisi beberapa kata sambutan pihak tamu (SMA 1 Cepiring) maupun tuan rumah. “Sungguh suatu kehormatan bagi saya dan keluarga besar SMA 1 Cepiring, nampaknya mereka (warga SMA 1 Bojog, red) cukup serius dan bersungguh-sungguh dalam menyambut kedatangan kami” kata Pak Sis (panggilan akrab Pak Siswanto) sepulang dari studi banding.

Dipilih SMA 1 Bojong, karena sekolah memiliki alasan tertentu. “Mereka (SMA 1 Bojong) memiliki orientasi yang hampir sama dengan kita (SMA 1 Cepiring)” jelas Pak Yosh (waka kesiswaan) dalam keterangannya. Imbuhnya, SMA 1 Bojong memang memiliki beberapa kemiripan dengan kondisi di SMA 1 Cepiring, diantaranya, ketika sekolah tidak bisa meraih prestasi di bidang akademik maka jalan keluarnya adalah meraup prestasi di luar akademik seperti olahraga dan musik.

Selain itu, Pak Sis menilai ada beberapa poin yang bisa dijadikan oleh-oleh (pelajaran) untuk di bawa pulang ke SMA 1 Cepiring, diantaranya yaitu tata ruang yang cukup teratur dan bagus, meskipun (mohon maaf mungkin kebetulan) terlihat kurang bersih tetapi penempatan/penyediaan tempat sampah cukup kreatif dan inovatif dengan menghias agar menarik perhatian pengguna.

Di lain pihak, setelah acara seremonial selesai, langsung dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk bertukar ilmu dan pengalaman sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain sharing pengurus OSIS (didampingi Pak Katsir, pembina), SMA 1 Cepiring juga membawa tim basket (didamping Pak Hadi Nugroho, pelatih), voli (Pak Sahli dan Mas Kris), dan Atletik (Pak Zen Yukri). Selain itu, Pak Sis juga didampingi oleh waka kesiswaan Pak Yoshi Rachmartdi dan Koordinator Ekskul Pak Nurudin.

Setelah acara selesai, sekitar pukul 15.00, rombongan SMA 1 Cepiring berpamitan pulang ke Kendal. Sebagai ungkapan terima kasih dan mempererat hubungan persaudaraan, masing-masing memberikan souvenir  sebagai tanda kenang-kenangan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar SMA 1 Bojong, tidak akan pernah kami lupakan. Banyak pelajaran yang kami dapatkan dari sana, dan insyaalah akan kami terapkan sesuai dengan kemampuan kami. Semoga SMA 1 Bojong, Pekalongan selalu sukses dan tetap jaya..” (Siswanto, S.Pd; Kepala SMA 1 Cepiring)

GALERI KEGIATAN

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: