Latihan Dasar Kepemimpinan

Latihan Dasar Kepemimpinan atau lebih sering disingkat dengan LDK merupakan salah satu bentuk kegiatan melatih dan mendidik peningkatan kinerja suatu pengurus pada sebuah organisasi.

Setelah satu bulan jajaran kepengurusan OSIS terbentuk secara lengkap, Sabtu (19/11) pagi tadi, SMA 1 Cepiring mengadakan kegiatan bertemakan pelatihan kepemimpinan, yang biasa disebut dengan LDK. Kegiatan tersebut berlangsung cukup khidmat dan kreatif. Dibuka oleh kepala sekolah, LDK tahun 2011 resmi dimulai pada pukul 08.00 wib. Kegiatan ini menitikberatkan pada pemahaman masing-masing personil akan tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus sesuai dengan posnya masing-masing.

“Memimpin adalah mempengaruhi. Sehingga seseorang dikatakan sebagai pemimpin ketika dia (pemimpin) mampu mempengaruhi orang lain untuk diajak bekerja sama dengan dia untuk melakukan suatu kegiatan, dalam hal ini adalah kegiatan sekolah” jelas Pak Sis pada acara Pembukaan LDK Pengurus OSIS periode 2011/2012.

Kegiatan tidak nampak sepi dan menjenuhkan karena kegiatannya dikemas cukup menarik dengan beberapa kegiatan yang -sebenarnya- sifatnya bermain namun mengandung unsur penanaman jiwa berorganisasi terutama kepemimpinan seperti yang dipandu oleh Pak Yosh (waka kesiswaan).

Tema yang diusung dalam permainan ini adalah Kepemimpinan. Dengan suara lantang, seseorang harus berdiri di atas (kebetulan properti yang ada) meja dengan meneriakan kalimat:

Who is a LEADER?

a leader is ones who

Shows the ways

knows the ways, and

shows the ways

What to be a challenge

to lead or be lead

What do you WANT?

A LEADER…!!

A LEADER…!!

A LEADER..!!

begitu seterusnya saling bergantian sampai semua ambil bagian. Dalam permainan ini, titik utama yang menjadi pelajaran adalah setiap seseorang bisa menjadi seorang pemimpin. Dan ketika suatu organisasi terjadi kepemimpinan yang kosong, maka salah seorang anggota yang lain untuk segera mengambil tindakan atau kebijakan agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan.

Iklan

3 Tanggapan

  1. who is the leader?????

    hahaha
    y gx pak????

  2. tau lah mz,,mntan OSIS,,hahaha
    gx kan bsa q lupakan pnglaman kmren….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: