Idul Adha di SMA 1 Cepiring

Assalmu’alaikum wr.wb.

Pak Sis (kanan): saat menjelang solad Id

Shaf jamaah putri berada di belakang

H. Maqfiyudin, Lc., sebagai imam solat,

Seiring dengan gema takbir yang berkumandang langit memperlihatkan wajah yang terharu, menitikkan “air mata”nya di pangkuan bumi pertiwi melihat umat Muhammad sedang melantunkan puji-puji kebesaran Allah, Tuhan penguasa alam.

Ya, Ahad pagi kemarin (6/11) seluruh umat muslim -baik yang di kampung, perkotaan atau kantor instansi pemerintah- melakukan solat Id secara serentak termasuk SMA 1 Cepiring. Meskipun cuaca gerimis, tidak menyurutkan niat Pak Sis (sapaan akrab Pak Siswanto, S.Pd) selaku kepala sekolah bersama guru dan para siswa SMA 1 Cepiring untuk tetap melaksanakan solat Id yang di fokuskan di halaman dalam SMA 1 Cepiring memanfaatkan lapangan basket. Melalui pengeras suara, Pak Katsir menginformasikan bahwa solat akan segera dimulai, untuk itu semua jamaah yang hadir untuk mempersiapkan diri. Dengan dipimpin oleh H. Maqfiyudin, Lc., dari Brangsong, tepat 06.30 solat Id dimulai.

Selesai solat, dilanjutkan dengan ceramah sebagai rangkaian rukun solat Id. Dalam ceramahnya, lulusan al-Azhar ini menyampaikan bahwa Idul Kurban tidak semata kita menyembelih hewan yang kemudian dagingnya kita bagikan kepada orang lain. Tetapi lanjut dia, makna dari penyembelihan hewan kurban adalah menanamkan keikhlasan yang mendalam, kesabaran, serta jiwa sosial di masyarakat.

Seusai solat Idul Adha tersebut, agenda sekolah berikutnya adalah penyembelihan hewan kurban. Dimana untuk tahun sekolah akan memotong  1 ekor sapi dan 1 kambing. Bila menilik tahun kemarin, ada terjadi peningkatan, karena sebelumnya sekolah hanya memotong 1 ekor sapi saja.

“Barokallohu Lana wa Baroka ‘Alaikuma, amiin…”

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: