SMA 1 CEPIRING Berkenalan dengan ISO 9001:2008

Assalamu’alaikum wr.wb

ISO? Apa itu?

ISO merupakan badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standar nasional setiap negara (Organisasi Internasional untuk Standarisasi). Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS (International Organization for Standardisation), bukan ISO. Tetapi sekarang lebih sering memakai singkatan ISO, didirikan pada 23 Februari 1947, berkantor pusat di Swiss. ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO, yang merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja.

Bekerja sama dengan badan konsultan dari Semarang, Pelita Citra Indonesia, SMA 1 Cepiring mengadakan kegiatan Sosialisasi ISO 9001:2008 dengan nara sumber Ir. Joko Sulistiyono selaku direktur utama badan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu 15 Oktober 2011, mulai jam 13.00 dan selesai jam 15.00Wib itu diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMA 1 Cepiring untuk mengenalkan pada suatu bentuk pola manajemen pendidikan yang mengacu pada standar internasional.

Dalam sosialisasi itu disampaikan, bahwa dalam mengacu pada buku pedoman Direktur Pembinaan SMA, Kemendiknas, ada 8 standar nasional pendidikan (SNP). Dengan hal itu, oleh ISO 9001:2008 ada 4 komponen yang harus dilaksanakan di sebuah sekolah, yaitu:

  1. Memastikan menulis apa yang akan dilakukan
  2. Memastikan melakukan apa yang sudah ditulis
  3. Memastikan bukti bahwa apakah proses tersebut sudah berjalan
  4. Memastikan ada peningkatan dari proses sebelumnya

Kemudian 4 komponen tersebut diolah dan dikembangkan lagi oleh ISO menjadi 7 sistem yang harus dilaksanakan di sebuah sekolah, antara lain:

  1. Pengendalian dokumen
  2. Pengendalian arsip
  3. Audit internal
  4. Membuat laporan yang berkaitan dengan perencanaan, pencegahan, dan koreksi.
  5. Membuat jaminan kepada wali murid/orang tua siswa tentang kualitas produk sekolah
  6. Mengukur tingkat kepuasan pelanggan baik umpan balik (feedback) dari luar maupun dalam sekolah, dan
  7. Melakukan penilaian kerja selama satu tahun ke belakang

Mengapa perlu sertifikasi ISO?

Landasan Legalitas:

  1. UU NO. 20/2003 tentang SISDIKNAS: Pasal 10 (3) “Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu sekolah pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi sekolah yang bertaraf internasional”.
  2. PP NO. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan: Pasal 61 (1) “Pemerintah bersama-sama Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu sekolah pada jenjang dasar dan sekurang-kurangnya satu sekolah pada jenjang pendidikan menengah untuk dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional”.
  3. RENSTRA DEPDIKNAS 2005-2009: “untuk meningkatkan daya saing bangsa, perlu dikembangkan sekolah bertaraf internasional pada tingkat kabupaten/kota melalui kerja sama yang konsisten antara pemerintah dengan pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan, untuk mengembangkan SD, SMP, SMA, dab SMK yang bertaraf internasional sebanyak 112 unit di seluruh Indonesia.
  4. Pedoman Penjamin Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional papda Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Departemen Pendidikan Nasional, 2007): Salah satu indikator kinerja kunci dalam bidang manajemen adalah meraih sertifikat ISO 9001 versi 2000 (Quality Management System) atau sesudahnya dan ISO 14000 (Environmental Management System).

Implementasi ISO merupakan proses secara utuh, lengkap dan tidak terputus dalam proses penerapan sistem manajemen mutu. Mulai dari tahap pemahaman sistem, adopsi, adaptasi, implementasi, internal audit sertifikasi sampai dengan survellance audit.

Semoga bisa berkelanjutan, demi mengamalkan isi Pembukaan UUD 1945, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semoga Sukses..!!

“KESUKSESAN TIDAK DATANG PADA ORANG YANG MALAS”
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: