ASYIKNYA BELAJAR KIMIA DENGAN GROUP FB (FACEBOOK)

TAMPILAN GROUP FB BELAJAR KIMIA KELAS XI IPA

TAMPILAN GROUP FB BELAJAR KIMIA KELAS XI IPA

Assalamualaikum wr. wb.

Ini bukan sebuah penelitian, namun rasa keinginan saya untuk berbagi dengan rekan-rekan guru bagaimana menggunakan fasilitas jejaring sosial bagi kepentingan pengajaran di sekolah. Selama ini ada stigma kuat akan kontroversi penggunaan jejaring sosial ini di kalangan remaja/siswa yang notabene lebih banyak menggangu secara langsung maupun tidak langsung terhadap proses belajar mengajar baik di sekolah maupun ketika mereka di rumah, ada keinginan untuk membalik fenomena, jika selama ini dianggap bahwa facebook mengganggu belajar siswa, diharapkan dengan kegiatan ini dapat terjadi hal sebaliknya bahwa belajar kimia dapat mengganggu aktifitas fb mereka yang pada akhirnya dapat mengarahkan siswa untuk mengunaka jejaring sosial ini dengan lebih bermafaat.

Pada awalnya adalah kenyataan bahwa booming penggunaan facebook (yang katanya Indonesia adalah pengguna ke 3 terbesar di dunia) yang tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan pc, tetapi lebih instant dapat terakses dengan menggunakan telephon genggam dengan kualitas jaringan sekelas GPRS-pun. Terlebih dengan adanya operator-operator yang menawarkan penggunaan akun jejaring sosial ini secara gratis, maka demam facebook inipun begitu marak di semua kalangan termasuk di dalamnya adalah kelangan pendidikan di sekolah.

Sepengalaman penulis sendiri bahwa penggunaan facebook ini memang cukup mengasyikkan dengan kemudahan akses serta pontensi menciptakan pertemanan yang begitu kuat, menembus ruang dan waktu yang ada. Beberapa sistem komunitas yang ditawarkan dicoba untuk digunakan untuk membantu siswa dalam belajar diantaranya seperti penggunaan milinglist, forum, blog dan lain-lain. Hingga ketika facebook menawarkan group yang muncul dengan interaktifitas cukup baik, maka dicoba juga fasilitas ini.

Langkah yang telah diambil selama ini adalah sebagai berikut :

1. Membuat group belajar

Cukup sederhana, dengan hanya melakukan klik pada pada tautan “Buat group” yang ada pada Beranda setiap pengguna facebook, maka kita akan dituntun untuk melakukan pembukaan sebuah group dengan sangat mudah, hanya 3 isian yang dilakukan yaitu, memberi nama group, menambahkan anggota dari teman dan menentukan katagori group yang bisa diatur dalam katagori group tertutup, group terbuka atau group rahasia.

Kemudian klik Buat untuk membuat group tersebut.

2. Meminta siswa di kelas yang diampu untuk bergabung dalam group

Kesederhanaan facebook kembali lagi teruji dengan hanya melakukan klik pada “Tambahkan Beberapa Teman ke Grup” yang berada pada sidebar kanan halaman group kita akan dapat menambhakan nama teman yang akan ditambahkan ke dalam group tersebut. Sebelumnya perlu di pastikan bahwa siswa sudah menjadi “teman” dalam jejaring facebook ini untuk dapat di tambahkan sebagai anggota.

3. Gunakan

Seperti menggunakan facebook selayaknya mengirimkan status pada dinding,maka pengguna yang telah tergabung dapat nalakukan kiriman, menambahkan tautan, menabahkan photo, menambahkan video, menambahkan acara atau mengirim dokumen pada halaman group, dan tentunya dapat memberikan komentar pada status yang telah diberikan oleh orang lain.

Penggalaman Menggunakan

Pada awalnya siswa kurang merespon positif adanya group ini, bahkan ada status dari salah seorang siswa yang menyatakan terganggu dengan adanya notifikasi dari group ini, justru penulis menganggapnya sebagai hal yang positif, artinya bahwa mereka mendapatkan notifikasi ajakan belajar pada akun facebooknya. Kemudian ketika akan dilaksanakan ulangan penulis memberikan tawaran kepada siswa bahwa siswa yang berhasil menjawab pertama kali dan benar pada setiap soal yang diberikan akan mendapatkan point yang diperhitungkan pada ulangan KD yang bersangkutan. Sikap pragmatis anak mulai terusik untuk emndapatkan bonus point tersebut dan mencoba untuk menjawab secepatnya setiap soal yang dilontarkan pada dinding group tersebut.

Dari jawaban yang ada tentunya ada jawaban yang benar dan salah, penulis tidak segera memberikan justifikasi terhadap kebenaran jawaban, namun menunggu rekan lainnya untuk memberikan komentar terhadap jawaban yang sudah ada, dan disitu mulailah muncul interaktifitas diskusi antar siswa. Hinggga akhirnya siswa sendirilah yang bertukar soal untuk dikerjakan di group ini.

Seringkali tidak hanya soal yang di lontarkan pada dinding, tetapi juga konsep, pengumuman dan segala ha yang berhubungan dengan pelajaran kimia yang tertempelkan pada dinding tersebut. Ada Keasyikan tersendiri ketika melihat perkembangan diskusi yang ada di group tersebut.

Group yang awalnya diperuntukkan bagi siswa sendiri (SMA Cepiring) ternyata dikembangkan sendiri oleh siswa dengan mengajak siswa sekolah lain untuk masuk di dalam group, dan ini justru menjadikan group semakin hidup, terlebih setelah berhasil mengajak rekan-rekan dari MGMP untuk bergabung, hingga pembahasan tidak hanya dilakakukan oleh penulis, tetapi juga oleh rekan-rekan guru lain sebidang mata pelajaran.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!!!

2 Tanggapan

  1. asik ya cara belajarnya

  2. i like this….thank for that…

    monggo dimanfaatkan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: