PERJALANAN CALON PENEGAK LAKSANA AMBALAN HB IX, SMA 1 CEPIRING

Assalamualaikum wr. wb.

Kebermaknaan sesuatu adalah manakala seseorang terlibat dan menikmati keterlibatannya tersebut, termasuk di dalamnya adalah kegiatan ekstra kurikuler siswa, manakala seorang siswa telah terlibat dalam dalam suatu organisasi, maka keterlibatan dalam oraganisasi tersebut menjadikannya menikmati kegiatan yang pada akhirnya menjadi media dan ajang untuk aktualisasi dirinya.

Ambalan Hamengku Buwono IX yang merupakan pangkalan kegiatan pramuka siswa SMA Cepiring, dari tahun ke tahun bebenah diri dengan program-program kerjanya, termasuk di dalamnya adalah upaya untuk memenuhi kelengkapan mencapai jenjang tertentu dalam kepramukaan, seperti diketahui bahwa untuk tingkatan Penegak, terdapat sub tingkat Bantara dan Laksana, maka untuk memenuhi SKU (Syarat Kecakapan Umum) bagi Pramuka Penegak Laksana SMA 1 Cepiring menyelenggarakan kegiatan Perjalanan Calon Laksana yang dilaksanakan mulai hari Senin, 22 Maret 2010 sampai dengan 24 Mei 2010. Kegiatan yang memerlukan stamina dan uji terhadap kecakapan seorang pramuka ini dilaksanakan dalam bentuk perjalanan Kaki (long March) dari Pangkalan Ambalan HB IX di SMA Cepiring menuju 2 titik lokasi berbeda melalui 4 jalur yang berbeda sesuai dengan kelompok masing-masing. Peserta yang berjumlah 14 orang dibagi dalam 4 kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 s.d. 4 orang untuk melaksanakan perjalan disertai dengan tugas-tugas yang ada di dalamnya ke Desa Tersono, Limpung untuk kelompok 1 dan 2 serta Desa Ngalian, Semarang Barat untuk Kelompok 3 dan 4. Kegiatan disyaratkan untuk berjalan kaki melalui kampung-kampung dengan pembuktian berupa tandatangan kepala kampung yang dilewati dan harus menghentikan perjalanan setelah jam 20.00 WIB. Untuk beristirahat di tempat manapun pada jam tersebut kelompok berada.

Ke 14 peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah :

  1. M. eko Setyono
  2. Ari Ferdianto
  3. Wahyu Aji
  4. Afif Budi
  5. Muji Rohmat
  6. Yulianto
  7. Priatna Kh
  8. Heri Kurniawan
  9. Fathurrohim
  10. Ahmad Rizal
  11. Ardi Settiyandi
  12. Rio Adi
  13. M.Azka Maulida
  14. Shokhiful Muzaki

Selain dari hanya kelengkapan SKU dengan kegiatan ini diharapkan pramuka laksana yang menjalani prosesi ini memiliki kekuatan baik mental maupun fisik, serta kepekaan Sosial terhadap masyarakat di sekitarnya.

Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: