LOMBA MATA PELAJARAN 2010

Assalamualaikum wr.wb.

Sebagai sebuah agenda tahunan, memang sebenarnya keberadaan lomba mata pelajaran adalah suatu hal yang tidak lagi mengagetkan dan dapat direncanakan dengan baik. Namun kenyataan di lapangan setiap tahun setiap kali acara ini digelar oleh Dinas Dikpora Kabupaten selalu saja ada kesan ketidaksaiapan pada pelaksanaannya

Lomba mata Pelajaran untuk kabupaten Kendal, akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2010 ini, sedikit berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini lomba mata pelajaran tahun ini dengan alasan terbatasnya pendanaan baik di kabupaten maupun di tingkat provinsi, maka pelaksanaan lomba mapel tahun ini sekaligus digabung dengan pelaksanaan lomba keteladanan siswa. Sehingga pada tahun ini ada beberapa erubahan cukup berarti dalam pelaksanaannya.

Rencana pelaksanaan kegiatan lomba mata pelajaran tahun ini terformat dengan penggabungan keteladanan siswa, sehingga ada hal-hal baru yang harus dicermati. Mekanisme lomba yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Babak Pertama
    1. Seleksi Portopolio, pada seleksi ini siswa mengumpulkan berkas prestasi akademik dan non akademik, kemudian akan diberikan penilaian dengan prosentase bobot terhadap nilai babak pertama ini adalah 30%.
    2. Seleksi tertulis, pada seleksi yang terbobot 70% ini dilakukan dengan ketentuan pengurangan nilai jika jawaban salah dengan pengaturan, nilai point benar +4, nilai point salah -1, point tidak dijawab 0. dari seleksi portopolio dan seleksi tertulis ini akan diambil 5 terbaik untuk mengikuti babak kedua
  1. Babak Kedua
    1. Seleksi Pidato Bahasa Inggris, dengan thema yang telah ditentukan tetapi judul diberikan pada saat pelaksanaan lomba
    2. Seleksi Wawancara kepemimpinan
    3. Seleksi Ekstrakurikuler, diambil dari portopolio
    4. Seleksi Kesenian, diambil dari portopolio, dari seleksi ini akan diambil 3 terbaik yang akan mewakili kabupaten kendal.

Untuk SMA Cepiring, lomba mata pelajaran tahun ini walaupun telah direncanakan cukup lama, namun untuk pelaksanaan kegiatan tetap masih jauh dari harapan yang diinginkan.

Rencana awal untuk kegiatan ini akan dilaksanakan ekstra kurikuler secara regular sehingga pembinaan yang dilakukan menjadi lebih panjang dan lebih intensif. Namun kenyataan yang ada bahwa proses pembinaan yang dilakukan tidak dapat dilaksanakan.

Intensif kegiatan ini baru dapat dilaksanakan pada awal bulan maret ini, itupun tidak pada semua mata pelajaran yang dilombakan, terlebih dengan kondisi masing-masing pengampu dengan segala kesibukannya. Terlebih dengan pola perubahan lomba mata pelajaran yang disatukan dengan keteladan siswa, mengisyaratkan harus megubah pola perekrutan siswa yang diikutkan dalam lomba dengan mempertimbangkan prestasi akademik dan non akademik yang dimiliki, dan tidak hanya terkonsetrasi pada kemampuan di salah satu mata pelajaran saja.

Setelah dengan pertimbangan bidang kesiswaan dan kurikulum, maka dipilih siswa yang memang memiliki kemampuan relatif baik dan memiliki aktifitas yang cukup baik.

Ke 7 siswa yang terpilih adalah sebagai berikut :

  1. Inka W, untuk lomba mapel Matematika
  2. Quratu Aini, untuk lomba mapel Fisika
  3. Afifatul Mukaroh, untuk mapel Kimia
  4. Umi Lestari, untuk mapel Biologi
  5. Tri Rahayu Kinanti, untuk mapel TIK
  6. Fajar BP, untuk mapel Ekonomi
  7. Anis Setyani, untuk mapel Astronomi.

Proses pengayaan diberikan kepada siswa-siswa tersebut masih oleh guru mata pelajaran masing-masing disela kesibukan pengawasan UN 2010 ini.

Jujur untuk tahun ini, target yang dipasang untuk pelaksanaan lomba mapel dari team SMA Cepiring, tidak terlalu muluk-muluk. Dengan kondisi yang ada serta melihat persiapan sekolah lain yang terlihat lebih siap dengan segala persiapan bahkan outsourcing hingga mendatangkan dan konsentrasi di perguruan-perguruan tinggi ternama di propinsi Jawa Tengah ini, maka bisa masuk ke dalam 10 besar saja sudah merupakan suatu kehormatan. Jelas ini sebenarnya adalah kemunduran jika dilihat kebelakang yang pada tahun lalu, SMA Cepiring bisa menempatkan 1 orang pesertanya sebagai juara II.

Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: