KEJUARAAN SEPAK TAKRAW PELAJAR 2010, MENGGAGAS KEGIATAN TINGKAT KABUPATEN YANG TIDAK TERAGENDAKAN

Assalamualaikum wr.wb.

Dengan pengawalan untuk tidak mengikut sertakan team sepak takraw pada kejuaraan sepak takraw pelajar yang digelar di SMA Pegandon, Minggu kemarin 14 Maret 2010, namun ternyata siswa sudah mempersiapkan diri dengan berlatih serius untuk menghadapi event tersebut, maka sekolah akhirnya memfasilitasi untuk dapat mengikutinya, dan Alhamdulillah berkat kerja keras mereka, terlebih memang ada atlit andalan yang telah bermain di tingkat propinsi,  yaitu Abdul Latif, maka Team Akhirnya dapat menempatkan diri sebagai runner up, sebagai Juara II Putra pada event tersebut. Penyerahan tropy kepada sekolah telah dilakukan hari senin ini seperti pada gambar berikut :

Ada hal yang mengusik ketika menggagas permasalahan ini, terlepas dari hasil optimal yang telah didapatkan. Apakah ini hanya akan terjadi pada tahun ini, atauakan akan menjadi agenda tahunan di lingkungan Dikpora Kabupaten Kendal.

Permasalahan yang muncul adalah ketika agenda-agenda dadakan ini digelar, pada satu sisi lain menjadikan maraknya kegiatan di tingkat kabupaten, namun dalam kacamata sekolah barangkali hal-hal seperti ini cukup mengganggu, terlebih jika sekolah tersebut kurang taktis dalam merencanakan anggarannya.

Seperti yang telah menjadi isue dan trend perkembangan pengelolaan keuangan saat ini, dimana segala kegiatan yang ada harus memiliki akuntabilitas yang jelas, dan itu tertuang dalam RAKS (Rencana Anggran Kegiatan Sekolah), maka kegiatan-kegiatan yang bersifat dadakan ini tentulah tidak teranggarkan pada rencana keuangan sekolah tersebut, dan itu artinya kalau disiplin terhadap ketentuan maka, banyak sekolah yang tidak mengirimkan atlit pada event tersebut.

Atau barangkali hal ini adalah bentuk penyikapan terhadap kondisi keuangan dikpora yang berimbas pada pemotongan terhadap event kegiatan POPDA sehingga cabang-cabang lomba yang tidak dilombakan pada POPDA untuk tahun ini harus mengadakan kegiatan mandiri guna mempersiapkan diri pada POPDA tingkat Propinsi.

Sebuah solusi barangkali adalah bertemunya secara bersama antar pihak baik itu dari sekolah, dinas dan praktisi lahraga untuk dapat menentukan agenda pasti kegiatan di tingkat kabupaten, sehingga sekolah-sekolah terutama bidang kesiswaan dapat merencanakan kegiatan dengan lebih baik untuk tahun anggaran 2010/2011. Yang output dari kegiatan itu muncul daftar kegiatan tahunan yang disupport oleh dinas, maupun dana mandiri oleh sekolah atau lembaga olahraga, namun diakui keberadaannya oleh dikpora.

Wassalam.

(tobe continued)

4 Tanggapan

  1. Selamat dan sukses untuk Smacep….Maju terus…..Let’s Goooo

    makasih mas budi atas supportnya…..

  2. Ternyata Keponakanku Tubagus dapat meladi Emas Lompat Tinggi……Siiiiip…

    benar mas…., tolong dibantu untuk tetap mempertahankan prestasi…, demikian juga untuk urusan akademiknya…, salam buat bapaknya….

  3. […] Read the rest here: KEJUARAAN SEPAK TAKRAW PELAJAR 2010, MENGGAGAS KEGIATAN TINGKAT … […]

  4. saya ingin gabung bersama dengan tim sepak takraw ini
    caranya gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: