ESAM Membangkitkan Semangat Kompetisi Siswa Menghadapi Ujian Nasional

Assalamualaikum wr. b.

Keresahan setiap menghadapi masalah besar adalah sebuah kewajaran dan harus disikapi dengan bijak hingga dapat menjadi energi positif dalam meraih tujuan yang diinginkan. Demikian juga dengan kondisi yang ada pada tiap sekolah pada umumnya dan siswa kelas XII pada khususnya yang akan menghadapi “pendadaran” dengan tajuk Ujian Nasional pada tanggal 22 Maret 2010 nanti.

Salah satu upaya sekolah dalam mengarahkan siswa untuk dapat memandang permasalahan serta memahami arti penting serta menambah kesiapan secara spiritual dalam menghadapi Ujian Nasional ini salah satunya dengan menghadirkan motivator dari ESAM Kendal, Bp. Sunarto Siswomiharto, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kaliwungu yang juga pernah menjadi guru Matematika dan Wakasek Kurikulum di SMA Cepiring ini.

Kegiatan ini terdiri dari 3 sesi yaitu :

  1. Pengenalan diri, pada sesi ini siswa diajak untuk menyadari keberadaan diri serta potensi-potensi yang ada pada setiap manusia serta diajak untuk mengoptimalkan potensi diri tersebut mingga menjadi energi yang dapat diarahkan ke tujuan yang sedang dituju.
  2. Kontemplasi, terdapat 2 hal utama yang menjadi titik fokus pada kontemplasi ini, pertama adalah pengungkapan rasa syukur atas karunia Allah SWT atas segala nikmat yang telah dirasakan dan penyadaran akan tujuan hidup dalam fitrahnya sebagai pemimpin.
  3. Perumusan tujuan, dalam sesi ini siswa diajak untuk merumuskan tujuan-tujuannya secara kongkret dan dalam hubungan dengan Ujian Nasional, siswa dibimbing untuk menentukan target nilai yang akan diperoleh pada UN yang akan datang.

Tanpa bermaksud mengecilkan arti dari persiapan-persiapan yang telah dilakukan, hal tersebut di atas setidaknya akan menimbulkan keyakinan yang lebih kuat kepada siswa untuk dapat melangkah lebih mantap dalam menghadapi ujian nasional ini, Semoga

Wassalam.

Satu Tanggapan

  1. rajin belajar ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: