FaceBook Mainan Baru yang Mengasyikkan, lebih dari sekedar Friendster

Saya baru aja hari ini jadi pengguna Facebook. Facebook adalah online social relationship yang sangat cepat berkembang saat ini. Website ini memberikan layanan social relationship atau bahasa Indonesianya situs jejaring sosial. Dengan situs semacam ini kita bisa mencari teman, berkirim pesan, menyimpan foto, dan sebagainya. Layanan yang telah populer sebelumnya adalah Friendster dan MySpace.

Saya sebelumnya pengguna Friendster, tp sudah hampir setahun ini tidak terlalu aktif. Paling dalam sebulan cuma dibuka sekali padahan saya online tiap hari. Kenapa? Ini beberapa keluhan saya:

1. Friendster udah mumet, penuh account palsu, belum spam yang merajalela memenuhi bulletin dan inbox usernya.
2. Tampilannya… mmm.. bisa dibilang seperti dinding iklan.
3. Corak, warna, dan layout yang terlalu rame membuat kita melihat home user rada pusing. Apalagi layout baru… orange menyala untuk promosi klo friendster bisa bahasa mandarin juga.
4. Terus.. fitur yang masih seputar itu saja. Contohnya foto.. sangat terbatas, dalam satu halaman ditampilkan semua foto tanpa kategori. Bulletin yang di posting beberapa kali dengan harapan bisa selalu paling atas, kenapa demikian? Soalnya untuk pengumuman atau cuma komentar aja cuma bisa di bulletin aja.
5. Fitur untuk mencari teman yang berada di lokasi yang sama sangat sedikit. Terkadang kita susah mencari teman klo tidak tahu nama lengkap atau emailnya.
6. Dan beberapa alasan kecil kenapa saya bosan dengan Friendster.

Awalnya saya tidak tertarik dengan Facebook. Buat saya apa sih beda Facebook dengan online social relationship macam MySpace dengan Facebook? MySpace yang merupakan situs jejaring sosial terbesar di Indonesia aja saya tidak tertarik. Sebelum saya bergabung di Facebook saya telah mengetahui situs ini dari Ajaxian, yaitu website yang membahas perkembangan web. Awalnya tertarik dengan fitur pengembangan aplikasi dengan menggunakan platform Facebook. Tapi sejak itu saya dengan mudah melupakannya. Seminggu yang lalu teman saya mengundang bergabung di Facebook tapi saya masih tidak menghiraukannya. Dan akhirnya setelah 2 hari yang lalu saya membaca artikel bahwa Facebook merupakan situs jejaring sosial yang sangat cepat berkembang bahkan mengalahkan MySpace yang notabanenya merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini. Hingga saat ini pengguna Indonesia sudah mencapai 42000 lebih.

Bagaimana kesan saya? Saya impresif, berbeda jauh dengan Friendster. Ini beberapa keunggulan yang membuat saya merekomendasikan Facebook:

1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2. No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4. Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited. Mmm pengen pindah ah dari Flicker ke Facebook.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita pengen pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8. Status update, kita bisa mengisi status kita ngapain aja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Kaya teman saya mo daftar cuman karena nama dia Usa jadi gak bisa daftar karena dicurigai account palsu yang ingin mendaftar USA atau United State of America. Untuk itu harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.

Itulah beberapa fitur utama yang memantapkan saya untuk beraksi di Facebook. Ada banyak fitur lainnya yang tidak sempat saya bahas disini. Untuk lebih jelasnya mending langsung aja daftar di Facebook melalui websitenya di http://www.facebook.com

Satu Tanggapan

  1. sangat keren pak!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: