Manajemen Waktu Pengerjaan Soal Ujian Nasional

Assalamualaikum wr. wb.

Tidak dapat disangkal lagi bahwa merencakan yang dikerjakan dan mengerjakan yang direncanakan adalah satu kata kunci keberhasilan, demikian juga dalam ujian nasional perencanaan waktu dan pengaturan di dalamnya adalah satu hal yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan hasil optimal. Dalam menyiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional sering kali muncul hal-hal baru yang selama ini tidak disadari merupakan hal prinspi yang memang harus diterapkan untuk mencapai keberhasilan. Seperti misalnya manajemen waktu dalam pengerjaan Ujian Nasional Khususnya dan ujian-ujian lain pada umumnya, dengan menggunakan manajemen waktu tersebut maka pengerjaan dapat dilakukan dengan lebih terarah dan terencana, sehingga kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dapat di minimalisir untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Hanya sebuah tawaran yang dicoba untuk disampaikan kepada siswa dengan melihat kondisi siswa ketika mengerjakan Ujian, baik Ulangan Umum semester ataupun Ujian Nasional, selalunya untuk materi-materi “berat”  siswa kehabisan waktu pengerjaan soal, padahal soal yang dibuat dengan segala kriteria yang ada tentunya sudah dirancang untuk dapat dikerjakan sesuai dengan waktu yang disediakan. Sehingga pada akhir Ujian ( biasanya 5 menit sebelum bel berakhir) siswa tersibukkan dengan “gacuk glundung”, mengerjakan soal tanpa membaca paket soal, langsung melingkari/menyilang atau menghitamkan jawaban sesuai dengan “perasaan”, wow, hebat sekali…, barangkali nanti kalau sudah lulus dapat menggantikan ki joko bodo atau mama laurent barangkali ya….

Pada Ujian Nasional semua mata pelajaran memberikan waktu yang relatif cukup panjang yaitu 120 menit ( 2 jam) dengan jumlah soal 40 butir soal (untuk mata pelajaran kimia misalnya) sudah dapat dihitung bahwa jatah untuk setiap soal adalah 120 dibagi 40 soal adalah 3 menit. Pertanyaannya adalah apakah waktu 3 menit tersebut cukup untuk mengerjakan soal, jawabannya tentunya ya dan tidak, untuk soal-soal dengan tingkat kesulitan rendah tentunya waktu 3 menit adalah waktu yang berlebihan untuk menyelesaikan soal, tetapi untuk soal-soal analisa dan pengerjaan soal hitungan, tentunya waktu 3 menit sangat tidak cukup untuk mengerjakannya, terus bagaimana mensikapinya?

Pengerjaan soal sebaiknya dibatasi oleh waktu untuk setiap soal, atau paling tidak seperti pada petunjuk pengerjaan soal “kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu”, misalnya membatasi setiap butir soal dengan waktu 1,5 menit, sehingga untuk 40 butir soal waktu yang dibutuhkan adalah 60 menit, pada saat ini pengerjaan lebih baik langsung dijawab di lembar soal saja, demikian juga dengan corat-coretnya hal ini dilakukan untuk mengurangi kesalahan dalam pemindahan data soal. Kemudian berikan waktu khusus untuk memindahkan semua hasil jawaban yang telah dikerjakan pada LJK, siswa waktu yang ada dapat dipergunakan untuk menjawab soal-soal yang belum terjawab, sekaligus meneliti ulang soal-soal yang jawabannya meragukan.

Hindari mengerjakan soal yang sama berulang-ulang karena penasaran atau tidak didapatkan hasil pastinya. Pengulangan sebaiknya dilakukan di akhir waktu.

Pengerjaan di Lembar soal juga memiliki keuntungan untuk menjaga kebersihan dan akurasi dalam menjawab di lembar jawab komputer. Mengerjakan bersama-sama di lembar soal, corat-coret dan lembar jawab sangat rawan menyebabkan lembar jawaban menjadi kotor karena keringat dan tertekuk oleh sisi meja, yang akhirnya menyebabkan LJK tidak dapat dibaca oleh scanner. Kalau perlu gunakan mal untuk menjawab di LJK, atau lingkari bulatan dari sisi tepinya kemudian bergerak ke tengah, gunakan pensil 2B yang asli serta usahakan sesedikit mungkin menghapus di LJK.

Yang terakhir barangkali adalah ketenangan dalam mengerjakan soal, nikmati soal yang ada, jangan dijadikan beban, namun lihat sebagai sebuah tantangan yang harus dilalui, konsentrasikan satu-persatu soal.

Selamat berjuang dan semoga sukses.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. OZZMKV blbtccktokik, [url=http://oagpyvyjemyc.com/]oagpyvyjemyc[/url], [link=http://rmnogmooyihq.com/]rmnogmooyihq[/link], http://rizjcqthuuye.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: