Rumus Kelulusan UN Siswa Daerah dan Kota Beda

Jakarta, CyberNews. Pengamat dan Tokoh Pendidikan Arief Rachman mengharapkan, agar masa mendatang, rumusan kelulusan siswa sekolah dilakukan peninjauan kembali dengan mempertimbangkan kekuatan daerah masing-masing. “Jangan kita mengharap, semua daerah itu mampu dengan satu standar,” kata Arief, Selasa (22/4/2008).

Arief menandaskan bahwa kekuatan sistem pendidikan di perkotaan dan daerah, memiliki karakteristik yang berbeda. “Kalau perkotaan, saya kira yang seperti ujian nasional sekarang ini, itu diuji dengan satu target dengan apa yang harus dikuasai. Padahal, di dalam suatu pembinaan pendidikan namanya ujian itu diuji apa adanya dari anak itu sendiri,” katanya.

Arief juga berpandangan bahwa, di masa depan agar masyarakat tidak lagi mereduksi pendidikan hanya dengan upaya pendidikan secara nasional. Artinya, jika pendidikan dapat berhasil, bukan berarti penyelenggaranan pendidikan berhasil.

“Kalau gagal juga bukan berarti pembangunan pendidikan gagal. Jadi, kita harus melihat pembangunan pendidikan itu mencakup ranah yang harus diselesaikan. Pembentukan akhlak, watak, budiperkerti itu penting,” katanya.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. selamat n sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: