Bocoran Soal Ujian Nasional, Lagi…?

Tahun 2008, soal UN bocor lagi. Tahun 2007 dan tahun-tahun sebelumnya, seperti kita tahu dari media massa, soal UN bocor. Bukan hanya soal UN yang bocor tetapi kunci jawabannya. Seorang siswa sempat bingung mendapat sms yang isinya: AABBACDAE… Ternyata itu adalah kunci jawaban soal UN. Yang lebih menarik lagi, kunci jawaban itu tidak 100% benar. Ada sedikit kunci yang sengaja dibuat salah. Jadi bila seorang siswa mengikuti kunci itu, ia tidak akan memperoleh nilai UN 10 bulat tetapi 9 koma. Tahun 2008 tidak tampak perbedaannya.Beberapa hari lalu saya bertemu dengan orang yang ahli menangani dokumen rahasia. Dia mengatakan bahwa pengamanan dokumen rahasia sangat mahal. Jika UN 2008 ingin lebih aman, tidak bocor, maka diperlukan biaya lima kali lipat dibanding dengan biaya cetak naskah UN sekarang ini. Sementara anggaran pendidikan kita kan terbatas. Akhirnya naskah UN 2008 akan dicetak seperti biasa, dengan anggaran seperti biasa, dengan titik-titik rawan kebocoran seperti biasa.Tahun lalu fenomena blogging belum segencar sekarang. Saat ini blog dapat menyediakan informasi apa saja dengan penyedia sumbernya anonim (tidak dikenali). Jika terjadi kebocoran UN 2008 maka blog akan memperbesar dampak kebocoran itu. Toh, penulis blog dapat tetap bersembunyi di balik anonimitas. Belum lagi, sekarang banyak tersedia handphone canggih yang dapat mengakses internet. Lebih dahsyat lagi dampaknya.

Saya sendiri tidak setuju dengan bocoran curang. Saya menganjurkan agar para siswa dan guru mencari bocoran cerdik. Bahkan bocoran cerdik ini penting untuk sukses UN, SPMB, dan UMPTN 2008. Untuk mengenali bocoran cerdik atau curang silakan mengunjungi tulisan saya di http://apiqquantum.wordpress.com/2008/03/13/mendapatkan-bocoran-soal-un-2008-spmb-2008-umptn-2008-curang-atau-cerdik/

Saya usul agar pihak yang berwenang (Diknas?) membocorkan soal UN 2008 secara legal dan cerdik. Bocoran legal ini akan mengurangi peluang bocoran curang yang ilegal.

Bukankah bocoran adalah pembodohan? Benar, bila dilakukan secara bodoh.

Tetapi bocoran adalah inti pembelajaran atau pendidikan itu sendiri bila dilakukan dengan benar. Bukankah kita perlu “mencuri” rahasia sukses dari setiap orang yang sukses? Bukankah itu bocoran cerdik? Jepang dapat mengejar kemajuan Amerika dan Eropa dengan cara mencari (lebih tepatnya mencuri) bocoran dari mereka.

Bagaimana cara Diknas agar dapat membocorkan UN 2008 secara cerdik dan legal?

Sampai batas tertentu, Diknas telah membocorkan UN 2008 dengan menyediakan download kisi-kisi dan contoh soal UN. Menurut saya, ini positif. Saya setuju. Diknas perlu melangkah lebih jauh lagi. Bocorkan sekalian soal UN 2008 yang aslinya!?

Misalnya, untuk matematika IPA SMA terdiri dari 40 soal. Bocorkan soal sebanyak 10 kali dari soal itu. Bocorkan 400 soal matematika IPA SMA. Dari 400 soal ini akan dikeluarkan dalam UN 2008, 20 soal sama persis dan 20 soal lagi sedikit bervariasi angkanya.

Siswa akan mati-matian mempelajari 400 soal ini beserta variasinya. Mereka akan belajar sungguh-sungguh. Inilah salah satu bocoran cerdik. Dalam bocoran soal itu tidak perlu dicantumkan opsi pilihan jawaban A, B, C, D, atau E. Sehingga siswa dan guru akan kreatif mencari solusinya sendiri. Mereka juga tidak dapat menghafal kunci jawaban. Satuan atau bentuk akhir jawaban tetap dirahasiakan. Misalnya, jawaban bisa berupa 25% atau ¼ atau 0,25 atau 1:4 atau variasi yang lain. Tampaknya akan menjadi sangat seru!

Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat…
(agus Nggermanto; Pendiri APIQ)

Iklan

26 Tanggapan

  1. kok susah bgt download soal uanx. webx terlalu bxk animasi makax berat buat loading & bisa g klo nyari soal2 d web in d permudah gt abis bxk bgt embel2x…..

  2. Saya Rita Nuraeni, guru bahasa Indonesia di SMA 1 Kdl dan di SMK Bina Utama Kdl. UAN tinggal meghitung hari….semakin dekat semakin saya deg deg an memikirkan anak didik ku yang akan berjuang, utk semua pelajar di kdl…semoga suskes…..

  3. untuk friska : masak si kebanyakan embel2, ok dah nanati saya akan cobta buat lebih ringkas.
    untuk bu rita : kenapa mesti deg2an ya bu…, toh kita sudah coba untuk mempersiapkan sebaik mungkin, optimalkan saja doa dan usaha pasti keyakinan itu akan muncul, dan tentunya akan membawa hasil yang baik pula…, selamat berjuang, eh aku juga deg-degan juga lho…, apalagi kimia baru pertama kali un

  4. dasar maunya enak sendiri boleh saat uan dpt nilai bagus tp percuma donnk ortu kita nyekolahin kita mahal2 ternyata otak kita nol besarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  5. tolong dong klirimmin bocoran soal ujiannnn nasional untuk smk theknik

  6. kirimin bocoran uan sma ipa kode soal a dan b sma negri di jakarta timur dunnnn

    butuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  7. pemerintah ngertiin kita doooooooooonk…….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. OMMMMMMMMMMMMM

    MINTA BOCORAN SOAL NAH

  9. kirimin bocoran soal UN donks buat gweeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  10. you are thickheade

  11. i think your school are loser

  12. pls donk kirimin bocoran un…uda abis2an ni bljrnya tp masih kurang aja….!!!!
    pls..pls..

  13. wah masih jaman ya pake bocoran segala.. tuh kan cum prediksi..
    mendingan kita langsung aja beli soal UAN. beres kan..

    kalau ada yang berminat beli soal UAN 2008 contact gw di 087878540312
    atau marchessalinkoln@yahoo.com

  14. knapa mesti ada ujian segala sih! klo bilang untuk mencerdaskan bangsa kayaknya nggak masuk akal itu malah membuat penerus bangsa jadi stres. klo memang mau membuat penerus bangsa jadi pandai jangan pake cuma ujian doang donk mending lengkapi aja fasilitas belajarnya!

  15. bocoran lg gmn siswanya bisa berkualitas klu dpt bocoran soal tu namanya pembodohan

    • QTA HANYA SEBAGAI KORBANN….pelakunya yaaaa dri org2 tertntu“““““ nek g’da i2,pa mngkin qt bsa llus……….?

  16. kok????dipermudah dounxx cara down loadnya!!!
    bwt download aja btuh waktu 1 jam!!!
    sekalian,, taruh aja soal-soal UN nya di halaman paling depan !!
    Pasti laku abizzz

  17. sapa sich yang ngadain UN,,

    nge-BT- in ja eunkz…

    coba kalu ga da

    mngkn hidup bkalan tentram

  18. kalo kata aQ sich knp mesti da UN,,

    msa dah capek blajar 3 taon

    eh,,, di tentuin’a ma 3 hari,,

    KAGAK MASUK AKAL…………__________

  19. Fyee_girl@yahoo.co.id

  20. bagi kamu yang mau nyari penghasilan sampingan dari internet silahkan daftar disini bux.to/?r=metabe diana kamu akan diberikan iklan seharga 0,1 dollar, lumayan iklan tersebut harus kamu klik dan tunggu 30 detik, ada 30 iklan lo sehari, tinggal kali aja 30 kali 0,1 dollar ada 3 dollar itu aja perhari, kalau kamu mau nyaroi anggota dibawah kamu akan diberi bonus 2$, dan bonus dari kegiatan anggota kamu sekkitar 50% iklan yang dibaca anggota, kalau ada di form pendaftaran tentang alertpay isi aja dengan alamat email kamu, kalau kamu masih binggung bisa email aku di blue_bullet333@yahoo.com atau di sms 085252820965, gue udah buktiin pembayarannya bisa melakukan cek, ampe ke tangan lko!!!

  21. tolong kirimkan bocoran soal un untuk smk tekhnik ke e-mail saya dunk……….

  22. minta bocoran uan sma ipa donk??? pliss

    • no.1 kunci inggris
      no.2 tang
      no.3 kunci pas

      ooooooKKKKKK COOOOyyyyyyyyy………….!!!!!!!!!!!

  23. kasih bocoran soal dunkkkkkkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: