AKSES INTERNET BEBAS DI SMA CEPIRING

new-picture.png

Pergerakan teknologi komunikasi dan informasi sepertinya menjadi sebuah keniscayaan kebutuhan, seiring dengan semakin terasanya manfaat positif dari penggunaan teknologi ini, maka tuntutan terhadap penyiapan infra struktur bagi kemudahan akses informasipun menjadi hal yang di kedepankan.

Pendidikan sebagai suatu lembaga yang memiliki “tugas suci” sebagai agent perubahan tentunya harus dapat menampakkan diri sebagai contoh dalam setiap lini kecenderungan yang terjadi, seperti pada kecenderungan saat ini yang memberikan kemudaiahan kepada semua fihak dalam melakukan akses komunikasi dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun.

Dengan tetap menyadari bahwa segalanya tetap memiliki keterbatasan dan justru keberanian malakukan sesuatu di tengah keterbatasan ini adalah hal yang perlu dilakukan untuk memulai sebuah perubahan, atau menjadi pionir dalam bidang-bidang tertentu, seperti misalnya dalam bidang teknologi dan Informasi.

SMA 1 Cepiring, pada tanggal 14 Pebruari 2008 dengan melihat kebutuhan yang semakin tinggi dari bapak-ibu guru untuk melakukan akses internet secara lebih mudah , maka telah dipasang acces point yang memungkinkan kawasan SMA Cepiring pada radius 100 m s.d. 200 m dari titik pemasangan hot spot tersebut akan dapat mengakses internet secara lebih mudah, baik di dalam ruang guru, ruang tata usaha, ruang BP, maupun di kelas sekalipun, setiap orang yang menggunakan PC/Notebook dengan fasilitas wifi dapat bebas menggunakan fasilitas ini.

Pemasangan dilaksanakan pada hari rabu malam 13 Pebruari 2008, atas bantuan dari Bp. Masrukin (SMK 2 Kendal) dan Bp. Sunarto (SMA Rowosari). Hardware yang digunakan adalah Acces point yang sekaligus dapat dipergunakan sebagai router dan switch hub, dengan spesifikasi TP Link 6142A/G 108.

Acces point ini dihubungkan dengan koneksi internet yang selama ini digunakan oleh SMA Cepiring yaitu dari Speedy telkom yang selama ini hanya dapat melayani 3 titik akses yaitu di ruang guru, di ruang wakasek dan di ruang Tata Usaha

Hasil percobaan yang dilakukan dengan posisi pemasangan hotspot pada titik di depan ruang guru dengan ketingian kurang lebih 3 meter, kondisi penerimaan di ruang guru sangat baik dengan kwalitas excellent, bergeser ke ruang BP signal sudah mulai menurun dengan kwalitas very good, kondisi ini tetap bertahan sampai di ruang perpustakaan, tapi kemudian terjadi penurunan ketika digunakan di ruang Lab Fisika dan media yang hanya mendaptkan kwalitas signal good, pada kondisi saat ini signal hanya dapat digunakan sampai dengan ruang GOR (Gedung Olah Raga) yang hanya dapat menerima signal dengan kwalitas Low, barangkali jika dicoba lebih lanjut kemungkinan maksimal di kelas X-6 akan mendapatkan kondisi very low, tapi hal ini tidak dilakukan ketika melakukan pencobaan pada hari pemasangan tersebut. Ketika penulis mencoba melakukan koneksi pada kondisi low s.d. very log signal yang dilakukan di ruang kelas XII IA2, ternyata kecepatan akses yang dapat dilakukan masih cukup tinggi, download yang dilakukan masih dapat dilakukan dengan kecepatan lebih dari 20 kbps.

Sepertinya masih ada yang harus dibenahi jika memang diinginkan coverage yang diinginkan dapat mencapai seluruh ruangan yang ada di sekolah.

 

Iklan

3 Tanggapan

  1. mantap.. smacepiring go online

  2. langkah baik yang telah di tempuh sma anda dengan menyediakan fasilitas hot spot di wilayah sekolah anda. dengan layanan internet tersebut di harapkan akan banyak kebaikan dan kemajuan yang akan di peroleh siswa didik. tapi internet seperti pisau bermata dua kalau admin tidak pintar2 dalam mengelola dan membatasi akses siswa ke situs yang tidak bermanfaat bisa jadi kebaikan yang ingin di dapat itu malah akan menjadi bumerang bagi diri siswa itu sendiri

  3. terimakasih atas kunjungannya…, dan komentarnya…,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: