Visiting Motivation, salah satu cara mendongkrak kesiapan Ujian Nasional 2008

picture-026.jpg picture-031.jpg picture-017.jpg

Ujian Nasional yang selalu diberlakukan setiap tahun dengan segala perubahan dan variasinya telah memberikan nuansa tersediri pada setiap sekolah maupun individu yang terlibat di dalamnya. Segala upaya dilakukan untuk mendapatkan proses maupun hasil yang optimal dalam setiap kegiatan ini. Hal ini disadari karena pada kenyataanya Ujian Nasional merupakan suatu event yang sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam menempuh setiap jenjang pendidikan yang sedang di jalaninya (bagi peserta didik), menjadi ukuran keberhasilan bagi pengampu pelajaran dalam menyampaikan dan mentransfer pengetahuan dan ketrampilan kepada peserta didiknya, serta menjadi ukuran prestise kepala sekolah dalam menjalankan manajemen sekolahnya.

Penerapan Ujian Nasional 2007/2008, dengan standart nilai yang cukup tinggi yaitu 5,25 serta 6 mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik untuk menyelesaikan jenjang SMA, sepertinya menjadi ”momok” baru yang diciptakan pemerintah bagi siswa-siswi SMA, hingga tidak aneh jika di beberapa daerah memenuai berbagai protes, hingga demonstrasi siswa yang menolak pelaksanaan ujian nasional ini. Namun apapun yang terjadi untuk tahun pelajaran 2007/2008 ini, dengan telah dikeluarkan Permen Nomor 34 tahun 2007, tentang pelaksanaan ujian nasional maka secara tegas, mau tidak mau, setuju tidak setuju pelaksanaan ujian tersebut akan tetap dilaksanakan. Kata Kunci yang muncul adalah, bagaimana mensiasati kondisi yang ada sehingga pelaksanaan dan hasil akhir yang muncul adalah kondisi optimal yang dapat diraih.

SMA Negeri 1 Cepiring, menyadari keberadaan sebagai sebuah sekolah pinggiran dengan input siswa yang ”tidak terlalu baik” serta proses kegiatan belajar yang pas-pasan, tentunya harus mengatur langkah guna mensukseskan pelaksanaan dan hasil Ujian Nasional ini. Secara konvensional, seperti sekolah-sekolah yang lain, maka pemberlakuan tambahan jam pelajaran (jam ke 9 dan jam ke 10) untuk membahas soal-soal ujian nasional, penambahan alokasi waktu bagi mata pelajaran di ujian nasionalkan, serta istighosah, sepertinya menjadi menu yang tidak dapat ditinggalkan.

Menengok pengalaman Ujian Nasional 2005/2006 yang cukup tragis dengan 16 siswa yang tidak berhasil lulus, serta Ujian Nasional 2006/2007, yang menyisakan 1 orang siswa yang tidak berhasil lulus dalam Ujian Nasional, terlebih dengan beban standar kelulusan yang semakin tinggi serta tambahan 3 mata pelajaran khas program yang diujikan pada tahun pelajaran 2007/2008 ini, maka jika perlakuan yang diberikan hanya sebatas pengkondisian seperti pada tahun-tahun yang lalu tentunya sangatlah tidak cukup untuk mendongkrak motivasi dan pemahaman serta penguasaan siswa terhadap kompetensi yang akan diujikan pada ujian nasional tahun ini. Pada sisi lain, waktu yang terus berjalan tidak pernah menunggu seseorang untuk berdiam diri menunggu keajaiban yang mungkin terjadi.

Berbagai upaya dilakukan baik oleh sekolah secara kelembagaan maupun pribadi-pribadi sebagai suatu bentuk kepedulian untuk mensukseskan proses juga hasil dalam Ujian Nasional ini.

Mata pelajaran Kimia, sebagai salah satu mata pelajaran “baru” yang diujiankan pada ujian nasional 2008 ini tentunya merupakan suatu tantangan tersendiri, terutama bagi guru mata pelajaran untuk mendapatkan hasil optimal yang mungkin untuk diraih. beberapa usaha yang telah dan akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pemantapan materi (sekolah)
  2. Pengadaan sumber belajar digital, yang kebetulan memang sudah dimulai pada tahun lalu tetapi kurang mendapat respon dari siswa, pada tahun ini dicoba untuk dipertegas lagi dengan beberap tambahan menu latihan ujian nasional. Pada CD tersebut pada intinya berisi 2 kegiatan utama yang berasal dari beberapa situs di internet yaitu : invir.com dan edukasi.net. disajikan juga hasil dari penataran fungsionaris MGMP Kimia dan dari Universitas Bina Nusantara Jakarta.
  3. Pemberian trik dan tips pengerjaan soal
  4. Visiting Motivation, kegiatan inilah yang ingin dipertegas dala ulasan ini.

Menyadari akan kemampuan dan pentingnya motivasi siswa dalam mempersiapkan ujian nasional, serta tanggung jawab yang terasa sangat berat bagi guru, orang tua, serta peserta didik sendiri, maka ada beberapa item yang barangkali menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini, yaitu :

  1. Orang tua seharusnya tahu dan mendukung penuh terhadap persiapan yang dilakukan oleh siswa dalam menghadapi ujian nasional
  2. Peningkatan interaksi siswa dalam kegiatan kelompok, dengan melakukan kegiatan pembahasan soal, seharusnya adalah kegiatan yang berlanjut terus tidak terbatas pada kegiatan pemantapan di sekolah.
  3. Kunjungan guru ke rumah siswa, akan meningkatkan motivasi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.

Bentuk kegiatan ini sebenarnya sederhana saja, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Siswa dalam kelas dibagi dalam 6 kelompok.
  2. Dipilih salah satu orang sebagai leader1, kemudian dengan mengadopsi sistem yang ada pada MLM (Multi Level Marketing) maka setiap leader1 harus memiliki 2 orang downline, leader 2, selanjutnya setiap leader 2 memiliki 2 downline lagi, sehingga setiap kelompok beranggota 7/6 orang siswa.
  3. Pengadaan sumber soal, yang dalam hal ini diambil dari persiapan UMPTN 2007, dari erlangga dengan judul buku 1001 soal.
  4. Diadakan forum pertemuan leader1 yang membahas tentang cara mengerjakan soal-soal yang ada pada paket soal dan masalah yang dihadapi oleh setiap kelompok.
  5. pembagian soal berjenjang dengan ketentuan leader1 bertanggung jawab terhadap 100% soal, leader2 bertanggung jawab terhadap 50% soal dan leader3 bertanggung jawab terhadap 25% soal.
  6. Soal dikerjakan dirumah masing-masing.
  7. Visiting Motivastion, kunjungan guru ke rumah-rumah yang menjadi posko kegiatan pembahasan soal-soa. Pada kegiatan ini terjadi terjadi diskusi antara leader 3 ke leader 2 dan selanjutnya leader 2 ke leader1.

Alhamdulillah dari 3 kali kegiatan yang sudah dilaksanakan, antusias siswa dalam melaksanakan kegiatan ini cukup baik. (Tobe continued)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. tolong diperbanyak materi-materi motivating training untuk menghadapi ujian nasional dan spmb/pendaftaran mahasiswa baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: