Penulisan Karya Ilmiah Guru, sebuah gairah baru peningkatan Kulalitas Pembelajaran

Assalamualaikum wr. wb.

loupe.jpg

Tugas pokok sebagai seorang guru sangatlah disadari bahwa didalamnya terbeban tanggung jawab pengajaran dan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didiknya. Sehubungan dengan hal tersebut maka kualitas proses pembelajaran yang setiap hari menjadi tugas pokok seorang guru merupakan hal yang harus ditingkatkan kulitasnya.

Pemberlakuan Kurikulum baru yang bertajuk Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran, sangat mengisyaratkan sekaligus menuntut setiap pengampu mata pelajaran dan insan pendidikan untuk berani secara otonom melakukan eksplorasi dalam tugas keseharian terutama dalam usaha untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pendidikan tersebut.

Mensikapi tuntutan profesionalisme tersebut, SMA 1 Cepiring dengan tekatnya untuk menjadikan lembaga ini menjadi salah satu pionir dalam pelaksanaan KTSP yang sesungguhnya mencoba melakukan inovasi dan pembaharuan terhadap sistem pembelajaran yang selama ini telah berjalan. Salah satunya adalah dorongan kepada rekan guru untuk melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai suatu wujud penanganan permasalahan yang dihadapi di kelas secara tertulis.

Terlebih dalam penulisan ini, SMA Cepiring telah menganggarkan dalam RAPB-nya untuk memberikan biaya penelitian kepada setiap rekan guru yang mau dan mampu melaksanakan kegiatan penelitian ini.

Dalam waktu dekat ini team pengembang sekolah akan segera menyusun suatu regulasi dan persyaratan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan penelitian tersebut, juga rencana akan dilaksanakannya pelatihan bagi semua guru untuk melakukan kegiatan PTK.

Jika semua guru telah tertantang untuk melakukan kegiatan ini tentunya banyak hal yang dapat diraih sehubungan dengannya, keuntungan tidak hanya diperoleh secara pribadi karena penulisan ini akan dapat digunakan dalam penilaian angka kredit dan sertifikasi, namun secara kelembagaanpun kegiatan ini akan sangat mendongkrak kualitas pembelajaran dan pada akhirnya bermuara pada hasil belajar yang signifikan untuk dibanggakan.

Semoga, amin.

Wassalam

Iklan

3 Tanggapan

  1. Satu lagi prestasi yang diraih SMA 1 Cepiring. Drs. Winarno, guru Mapel Bahasa Indonesia SMA 1 Cepiring telah lolos memasuki babak final pada Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran yang diselenggarakan oleh Dirjen PMPTK. Peserta lomba yang terseleksi sejumlah 132 orang guru dari seluruh wilayah Indonesia tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Final lomba akan diselenggarakan mulai tanggal 20 sampai 25 Nopember 2007 di Jakarta. Pada akhir lomba para finalis akan diberi kesempatan menghadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

  2. minta informasi pemenang lomba karya ilmiah untuk guru

  3. saya mengaturkan ucapan terimakasih kepada dewan Juri / panitia Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran tahun 2008 atas perolehan sebagai juara III SMA ipa .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: