Penegakan Disiplin SMA Cepiring

Assalamualaikum wr. wb.

telat.jpg

Sebagai sebuah sekolah yang memiliki sumber daya murid relatif kurang dalam sisi akademik, kiranya SMA Cepiring sangat menyadari bahwa citra positif yang dapat dibangun adalah melalui ekstra kurikuler dan kedisiplinan siswa. Hal ini terlihat pada keseharian yang terjadi di sekolah dimana pada jam 07.00 setelah terdengar bel masuk sekolah pintu gerbang sekolah selalu ditutup dan setelah itu tentunya terdapat satu-dua orang siswa yang tertinggal dan dinyatakan sebagai siswa terlambat. kata kunci yang menjadi dasar kedisplinan yang muncul adalah adanya sangsi mendidik yang jelas bagi setiap pelanggarnya. dan ini terlihat bahwa bagi siswa tersebut diberikan “hukuman” dengan cara membersihkan lingkungan sekolah. Satu hal yang menjadi budaya positif yang terjadi di SMA ini.

img_0039.jpg img_0042.jpg img_0043.jpg

Khusus untuk hari ini dengan digawangi oleh wakasek kesiswaan Bp. Muhlisin, Koordinator BK, Bp. Hadi Wariyanto, Bp. Nurudin, Guru BP dan SATPAM Sekolah, mas didik, secar berkala dilakukan razia kepada siswa terhadap pakaian dan kerapihan. Untuk razia kali ini yang disasar adalah tentang kerapihan pakaian dan rambut bagi siswa putra.

img_0016a.jpg

Hasilnya cukup banyak siswa yang harus merelakan rambut panjangnya untuk terpaksa dipotong.

Satu hal yang menarik adalah pola penegakan disiplin ini tentulah konsistensi dan aturan yang jelas dari nilai kedisiplina tersebut, sehingga nilai-nilai kedisiplinan ini dapat terus dipupuk dan dikembangkan di sekolah.

Amin

Wassalamualaikum wr. wb

Iklan

6 Tanggapan

  1. Untuk menegakkan disiplin akan lebih efektif jika tidak hanya penerapan sangsi tetapi diberikan TELADAN oleh Bapak dan ibu gurunya. Bagaimana SETUJU???

  2. Makasih komentarnya mas Ut, bidikan yang cukup akurat. memang barangkali contoh yang harus diberikan merupakan salah satu kata kunci yang harus sangat diperhatikan.
    Kondisi yang adapun kalau dari tingkat keterlambatan, itulah yang selalu diresahkan oleh pak Dwi selaku kepala sekolah. Cukup sering beberapa bapak-ibu guru ikut menunggu di pintu gerbang karena harus terkunci oleh bunyi bel pada jam pertama. Namun pada sisi lain dengan terkuncinya bapak-ibu guru di luar tersebut berarti juga anak-anak yang tidak terlambat pada kelas yang di ampu oleh guru bersangkutan juga akan terugikan.
    Terus gimana dong.
    Btw…, alamat blog mas ut yang sekarang dimana ya….
    pengen juga sih ngasih komentar

  3. jah koK gAntI lagI NIh HalaMaN na WEB ni ga aSyik laGI Kyak na
    “_”!!!!

  4. O ga Ding tNyata KompI Gw error maaap dah^_^ hi..hi..hi

  5. ok yull

  6. mas arga ne Q hera …….bzok foto2nya y9 banyak lagi donx…..masa’ cuma segitu suich….????
    hehehe………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: