17 April 2007, Hari Pertama Ujian Nasional


Assalamualaikum wr. wb.
Alhamdulillah, hari pertama Ujian nasional di SMA Cepiring dapat berjalan dengan baik dan lancar, dari 280 siswa yang mengikuti ujian nasional hari ini, tercatat 3 orang siswa tidak mengikuti ujian bahasa Indonesia, karena yang bersangkutan adalah siswa tahun kemaren yang telah mengulang, dan itu berarti yang bersngkutan dapat mengikuti mata pelajaran yang nialinya kurang saja. Dari pelaksanaan, barangkali yang perlu evaluasi adalah hal-hal sebagai berikut :

  • Bel mulai mengerjakan yang tidak terdengar, sehingga pada ruang XIV, siswa merasa dirugikan dikarenakan pengawas tidak memperbolehkan mulai mengerjakan karena belum terdengar bel. Insya Allah pada hari-hari berikutnya hal ini tidak akan terjadi lagi dengan pengaturan bel yang sudah disesuaikan. serta dipasangnya jam pada setiap ruang ujian nasional yang disesuaikan dengan jam yang ada di komputer bel sekolah.
  • Penarikan Naskah Soal yang terlambat. Sebenarnya penarikan tidak terlambat, semua soal sudah ditarik setelah jam 08.00, bersama-sama dengan pendataan ketidak hadiran siswa, namun karena tidak ada perintah untuk dikumpulkan pada TPI, maka panitia menyimpan berkas terseut pada meja panitia.
  • Terdapatnya beberapa pengawas yang masih bingung dengan penulisan kode propinsi, kode kabupaten dan kode sekolah.
  • Terdapatnya pengawas yang masih kebingungan dalam penyusunan LJK di dalam amplop lembar jawaban.

Pada sisi siswa sepertinya ujian nasional hari pertama ini dapat dilalui dengan cukup baik dan optimisme yang cukup tinggi, hal ini terlihat dari sikap dan raut muka ceria mereka setelah keluar dari ruang ujian. semoga saja hal ini adalah indikasi baik, bagi kelulusan mereka. Amin.
Ada hal lucu yang terjadi pada hari ini, setelah bel berakhirnya Ujian, anak-anak belum pada pulang, dan sebagian lagi masih mencocokkan jawaban mereka dengan rekan-rekan peserta ujian. Kemudian entah datang dari mana, beberapa siswa peserta UN, ada yang minta kunci ruang ujian dan kemudian bersama-sama dengan rekan-rekannya mempersempit jarak antar tempat duduk, bahkan ada yang meindah tempat duduknya,….., setelah di tanya ternyata bangku yang dipindah tersebut sudah dicorat-coret contekan…., hah…!!!
Semoga aja pada lulus.
Amin.
Wassalamualaikum wr. wb.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: