Uang Kemeng yang Bikin Hati Kemeng

Assalamualaikum wr. wb.
Adanya kesadaran akan rendahnya kesejahteraan guru menyebabkan pemerintah memberikan beberapa tambahan penghasilan yang diharapkan dapat menjaddi penambah penghasilan yang ujungnya tentulah penambahan kinerja bagi pengabdi dunia pendidikan ini. Salah satu insentif yang diberikan kepada para guru adalah penghargaan terhadap kelebihan jam wajib yang harus dilaksanakan sebagai beban kerjanya, seperti diketahui bahwa setiap guru mendapatkan beban jam wajib mengajar seanyak 18 jam pelajaran untuk guru tanpa tambahan tugas sebagai kepala sekolah atau wakil kepala sekolah. Dan insentif ini diberikan malalui dinas pendidikan dan kebudayaan setiap 3 bulan sekali, tetapi dengan perhitungan di awal tahun ajaran.
Permasalahan mulai muncul di situ karena kondisi yang terjadi pada tahun berjalan tidak lah selalu sama dengan kondisi ketika penerimaan insentif tersebut, sehingga pada akhirnya dilakukan pengaturan di lingkup sekolah. Padahal pada setiap pengambilan uang insentif kelebihan mengajaar (kemeng) ini setiap guru yang dinyatakan dalam tugas mengajarnya mengalami kelebihan diharuskan menandatangani berkas penerimaan terlebih dahulu, baru berkas tersebut diusulkan sebagai bahan penerimaan trimester tersebut.
Pada tataran sekolah masalah yang timbul adalah bahwa sesorang yang pada kenyataannya memiliki jumlah kelebihan jam akan menghitung perolehan yang mungkin akan diterima dari insentif tersebut, namun pada kenyataannya insentif yang diterima tidak sama dan biasanya kurang dari perhitungan yang telah dia lakukan.
Sebenarnya bagaimanasih penyikapan yang paling bijak dari fihak sekolah, kemudian juga dari fihak pemberi dana, tidakkan mungkin bahwa pemberian insentif tersebut diberikan pada kondisi riil yang ada pada waktu itu, sehingga tidak membuat hati menjadi kemeng seperti sekarang ini.
Barangkali kata kunci yang paling tepat di fihak sekolah adalah adanya koordinasi dan dan komunikasi yang effektif sehingga pengaturan yang terjadi memang didasarkan pada prinsip kepatutan dan kebersamaan.
Yuuuuk…., mari kita jaga kebersamaan di SMA Cepiring dengan hati yang lebih dingin dan bijak.
Nuwun

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: