Pembelajaran Interaktif


Assalamualaikum wr. wb.

Bukan bermaksud pamer, bukan bermaksud sok lebih, tapi beginilah kira-kira salah satu proses pembelajaran di SMA Cepiring (ga semuanya sih). Siswa diberikan sebuah masalah kemudian dituntut untuk memecahkan masalah tersebut dalam kelompok-kelompok kecil dengan berdiskusi dan memecahkan masalah tersebut. Photo disamping ini menggambarkan ketika siswa kelas XII IPA1 sedang menerapkan model pembelajaran jigsaw, dan alhamdulillah anak-anak merespon dengan baik. Diskusi dapat berjalan lancar dari sisi kelompok hunting maupun kelompok semula. Permasalahan yang timbul adalah kemampuan komunikasi verbal siswa dalam forum resmi diskusi tersebut ternayta masih sangat terbatas, ini terbukti dari terdapatnya beberapa siswa yang masih sangat canggung dan cenderung membaca dalam menyampaikan hasil perolehan diskusinya. Namun hal tersebut justru malah dinikmati oleh kelompok-kelompok tersbut sebagai suatu tuntutan antara personal untuk menggali permasalahan.

Pada akhir session setiap ketua kelompok melaporkan bagian hasil perolehannya kepada kelas dan membuat laporan kegiatan tersebut. Ternyata dengan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan sendiri pengetahuan danpa bimbingan dari guru juga merupakan suatu hal yang cukup menyenangkan bagi siswa, mereka bangga dengan perolehannya dan pada akhirnya pengetahuan yang mereka peroleh tersebut dapat lebih bermakna, semoga…, amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: