Study Tour Bali 2009, Ada Sesuatu yang Baru

Assalamualaim wr. wb.

Dokumentasi Kegiatan ST Bali 2008

Dokumentasi Kegiatan ST Bali 2008

Salah satu program SMA Cepiring adalah pelaksanaan Kegiatan Study Tour, yang pada setiap tahunnya selalu mengambil lokasi di Pulau Bali, barangkali memang bukan hal yang berlebihan karena obyek-obyek yang ditawarkan di pulau bali ini cukup unik dengan keragaman budaya dan alam yang sangat memikat. Sehingga tidak hanya orang-orang yang berasal dari dalam negeri saja yang berkeinginan untuk berkunjung ke sana, namun Bali agaknya menjadi tujuan favorit semua orang di seluruh dunia.

Ada sesuatu yang lain dalam pelaksanaan program kegiatan study tour ke Bali pada tahun ini, jika tidak ada aral melintang maka untuk tahun ini semua siswa kelas XI, yang merupakan target kegiatan ini semuanya akan diberangkatkan ke Bali, tidak seperti biasanya yang dipecah menjadi 2 lokasi yang berbeda. Pertimbangan tahun-tahun sebelumnya dengan memberangkatkan siswa tidak ke Bali pada umumnya adalah karena faktor biaya yang relatif cukup besar, yang walaupun untuk masalah ini, SMA Cepiring termasuk murah karena dana dari siswa untuk kegiatan ini dengan 5 hari kegiatan ( 13 s.d. 17 Maret 2009) beserta segala keperluan akomodasi dan konsumsi sudah bersih diberikan oleh fihak penyelenggara yaitu Biro Perjalanan “TerraTour”. Untuk tahun ini besaran biaya yang harus dikeluarkan siswa untuk mengikuti study wisata ke Bali adalah sebesar Rp. 490.000,-. Kemudian dengan melihat keragaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa maka pada tahun-tahun yang lalu diadakan alternatif tujuan wisata kedua yang lebih murah dengan kegiatan ke Jawa Timur atau ke Jawa Barat dan hanya memakan waktu 1 hari, tentunya dengan biaya yang lebih murah.

Kondisi terakhir dari kepastian siswa mengikuti Study Tour ke Bali ternyata cukup menggembirakan, karena hanya tertinggal 12 orang siswa, dan untuk dipecah menjadi 2 tujuan seperti tahun-tahun sebelumnya menjadi tidak efektif. Maka dengan melakukan negosiasi terhadap Biro Perjalanan serta mencoba melibatkan sponsorship maka kegiatan ini dapat memberangkatkan semua siswa ke Pulau Bali.

Sponsorship yang coba digandeng pada kegiatan ini adalah dari Indosat yang telah berbaik hati men-suport kegiatan ini melalui “pemberian” kartu perdana sejumlah 312 dengan distribusi 300 kartu untuk digunakan siswa selama kegiatan di Bali dan 12 kartu untuk koordinasi Dewan Guru selama di Bali tersebut, serta doorprize yang total harganya adalah Rp. 500.000 s.d. 1.000.000,-. Dalam proposal yang disampaikan oleh OSIS SMA Cepiring dengan Bandrol “Go To Bali for Charity” ini 300 kartu yang disebarkan ke siswa “dijual” dengan harga Rp. 5000,- dan hasil penjualannya dipergunakan untuk menutup kekurangan dana bagi siswa yang kurang mampu dalam menyetorkan biaya study tour ke bali ini.

Masih dalam penjajagan adalah sponsorship dari Penerbit Buku Yudistira yang berencana akan memberikan bantuannya, namun sampai saat ini bentuk dari bantuannya belum jelas.

Hal yang baru juga dalam pelaksanaan study tour ini adalah tentang pelaporan hasil study tour, kalau pada tahun-tahun sebelumnya hanya berupa laporan perjalanan kegiatan maka pada tahun ini kegiatan ini menjadi project work yang harus mereka lakukan untuk mengamati hal-hal yang berhubungan dengan mata pelajaran yang selama ini mereka peroleh di sekolah, dengan konsekwensi adanya kunjungan ke Lokasi Industri yang dapat dipelajari proses pembuatan produknya. Untuk tahun ini rencananya akan mengunjungi Pabrik pengolahan ikan tuna di Pelabuhan Benoa, Bali. dan tentunya bagi siswa progam IPS akan lebih leluasa lagi karena tinjauan yang dapat mereka lakukan dapat lebih luas dari aspek sosio kultur dan budaya yang memang menjadi ciri keunikan di lokasi wisata nanti.

About these ads

6 Tanggapan

  1. Au Pair -Program Pertukaran Pemuda ,maks 12 bln .Siapkah anda untuk tinggal di di Jerman untuk mengalami gaya hidup , hidup dan bekerja serta menambah teman baru ? Min menguasai bhs. Inggris dasar , uang saku euro 250 / bln , tiket pesawat, rumah, makan serta kursus bahasa gratis . hub 087-860-531-849 , email ke hwieyoeng@yahoo.com, placement test akhir mei biaya Rp 500.000,- materi matematika, phsikologi dan bahasa inggris , buruan daftar ya ?

  2. Kami pikir sebaiknya laporan ini diperlengkap karna kami yang butuh laporan seperti ini sulit untuk memanfaatkannya

  3. mo dimanfaatkan untuk apa mbak nunung

  4. mohon contoh pembuatan proposal kegiatan studi tour anak-anak SMP Negeri 1 Sukasari

  5. assalamu’alaikum…
    sya mau nanya nih, mba’…
    biaya sudy tournya itu anggaran dari sekolah…
    atau ngirim proposal ke dinas…
    atau biaya peserta study tournya sendiri???

    • ya semuanya…., dana terutama dari iuran siswa, tapi juga ada dukungan dana dari sekolah….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: