Beda Strategi, Model, pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran

 

Myspace Icons

 

Banyak yang tidak paham dengan perbedaan anatara strategi, model,pendekatan, metode, dan teknik. Nah berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan istilah tersebut.
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikansecara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

Pendekatan adalah konsep dasar yang mewadahi,menginsipi rasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.

Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan,langkah- langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran.
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.

Dari metode, teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas saat pembelajaran berlangsung.

Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat berganti- ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran.
Bungkus dari penerapan pendekatan, metode, dan teknik pembelajarantersebut dinamakan model pembelajaran.

Sebagai ilustrasi, saat ini banyak remaja putri menggunakan model celana Jablai yangterinspirasi dari lagu dangdut dan film Jablai. Sebagai sebuah model, celana jablai berbeda dengan celana model lain meskipun dibuat berdasarkan pendekatan, metode, dan teknik yang sama. Perbedaan tersebut terletak pada sajian, bentuk, warna, dan disainnya. Kembali ke pembelajaran, guru dapat berkreasi dengan berbagai model pembelajaran yang khas secara menarik, menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa. Model guru tersebut dapat pula berbeda dengan model guru di sekolah lain meskipun dalam persepsi pendekatan dan metode yang sama.

Oleh karena itu, guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi yang di dalamnya terdapat pendekatan, model, dan teknik secara spesifik. Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya aspek yang juga paling penting dalam keberhasilan pembelajaran adalah penguasaan model pembelajaran.

Sumber:
http://www.klubguru. com

71 Tanggapan

  1. Wah, makasih banget dah dijelasin perbedaan antara strategi, pendekatan, metode. Thank’s be 4.
    Syam

  2. makasih juga…, kebetulan saya juga lagi bingung tentang hal itu…, so kenapa tidak kita sebarkan saja informasi yang saya dapat juga

  3. model pembelajaran matematika

  4. wah ini usulan bagus…, coba nanti cari materi tentang model-model pembelajaran dan insya allah segera saya upload. terima kasih

  5. makasih ya……dah jelasin perbedaannya.en kalo bisa lampirkan juga pembelajaran2 yang termasuk ke dalam strategi,model,metode,pendekatan,ama tehnik,,,,alnya tuk nyelesein tgs…minggu dpn mau dikumpulin…..

  6. makasih juga, kalau tahu sesuatu yang telah diperbuat itu dapat bermanfaat, apalai bermanfaat bagi orang lain.
    Smoga tugasnya dapat terselesaikan dengan baik.
    Amin

  7. makasih tas penulisan yang saudara berikan sehingga memberikan pengertian yang sangat berarati bagi kita. thenk”s

  8. makasih juga dave

  9. hatur nuhun atas informasinya, ditunggu ya… materi tentang model – model pembelajarannya.

  10. saya guru bahasa Indonesia,ngajak siswa karyawisata, staregi portofolio (biar ada dokumen),materi menulis laporan kunjungan, kira-ira model ama metodenya apa yah….? cepet di balas yah kang cecep….

  11. Aku mahasiswa pengen mengadakan penelitian di skolah2 SLTP. Aku ingin melihat metode mengajar guru kerajinan tangan. Kira-kira metode apa yang cocok untuk mengajar kerajinan tangan yah??

    Terus aku juga mau nanya…buku-buku yang menyangkut model mengajar ekspresi kreatif itu apa?? dengan pengarangnya, aku lagi cari buku soalnya untuk meneliti.
    Makasi sebelumnya.

  12. akuw mo tanya apakah perbedaan yg disebutkan diatas bersifat umum??

  13. maksudnya umum gimana…

  14. akuseorang mahasiswa semester akhir. aku pengen mangadakanpenelitian di sma. model apa yang cocok untuk aku gunakan.

  15. buat metrisno : penelitiannya tentang apa?

  16. makasih ya…………….

  17. makasih juga brooo

  18. Lha info gitu,Om atau Pak,yang saya cari.Terus dengan tidak bermaksud mematikan imaginatif inisiatif kreatif inovatif ujicoba tehnik pembelajaran lainnya, saya usul.Gimana kalau penjemengan berkenan menulis lagi yang lumayan koplit sebagai sample ancer-ancer mengenai masalah penerapan strategi, methoda,pendekatan,planning,aplikating,evaluating, sekaligus analisis perbaikan pengayaan materi pembelajaran nya sesuai BNSPNYA gitu.Pada semua mata pelajaran.Jika penjemengan kurang sempat bisa juga mengajak teman-teman untuk merealisasi dan saya tak rajin berkunjung ke sini. Demikian atas perhatiannya disampaikan terimakasih.

  19. aduwh thank*s super drastis buat info ttg beda strategi,pendekatan,metode,teknik,n model belajar. aku tu dah lama bgt pnasaran.pengen tau bedanya.

  20. hallow………..

    aku butuh bantuaqn ne

    aku mau ngerjain skripsi

    tp ampe saat ini blm dkrjain coz

    teorinya masih agk bingung ne

    masalah metode demnstrasi..

    bantuin dunk.

    thanks ya sblumnya.

    GBU

  21. thank’s

  22. aduh pas banget nih… dapet tulisan ini. meski simpel tapi jelas..
    biar lebih komplit sekalian dijelasin juga macam-macamnya dari metode dan teknik yang ada di dunia pendidikan. sehingga saya sebgai calon guru (insya allah)amien dapat mendesain model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan zaman ini.

  23. makasih infonya…

  24. TOLONG CARIKAN REFERENSI YANG MENARIK UNTUK RENCANA PEMBELAJARAN

  25. Thank bgt infonya. That’s really what I need.

  26. Mohon dgn hormat dijlaskan macam macam , model,pendekatan, metode, dan teknik. mksh

  27. Thanks for info, You have done a great job.

  28. it’s very amazing for teacher to motivasion better good teaching and make student actif,efectif,happy to study. are you agree?????????

  29. Yes I do…, Thank 4 ur attention

  30. hem bagus juga sbg wacana para calon guru (lha sy termasuk) lmyn bwt bhn ancang2

  31. sy mau tanya, klo role playing (bermain peran) itu termasuk kedalam metode atau model pembelajaran ya?

    soalnya ada yg bilang model tp ada jg yang bilang klo itu metode…

    plis…ksh tau yg sbnrnya…

  32. tolong kkirim contoh rpp bahasa inggris smk

  33. thanks bgt atas penjelasannya tentang metode, teknik dan pendekataan,,,ahirnya tugas ku selesai juga…oya mau tanya dunks kira-kira model dan teknik pembelajaran apa ya yang paling cocok untuk adik-adik di kelas 6 SD supaya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan..?????

  34. makasih kunjungannya mbak laila…, salam hangat dari sma cepiring, terima kasih juga kalau artikel ini bermanfaat. oh ya… untuk pembelajaran sd, kok kami tidak ada referensi ya…., coba nanti saya coba carikan

  35. Maaf pak, saya mengcopy materi ini utk tugas kuliah saya. Terima kasih pak.

    http://rahman30.wordpress.com

    Terima kasih telah mengkopi artikel ini, semoga bermanfaat, dan terima kasih juga telah berkunjung di weblog kami, semoga cepat lulus ya…

  36. MAKASIH Y……..
    ATAS INFORMASINYA

  37. tolong kasih informasi mengenai model dan metode pembelajaran bahsa indonesia dan tehnik pembelajajaran sastra atau bahasa

  38. tolong carikan model dan metode pembelajaran bahsa.

    dan tehnik pembelajaran sastra

  39. Tolong informasikan bgm metode,teknik,dan model pembelajaran dalam b.Perancis agar murid minat dan semangat m’pelajari’y…tlg ya dbls soal’y ini u/ tgas mklh tgl 2 juni’09..
    Mksh sblum’y…

  40. Очень понравился ваш блог! Подписался на rss. Буду регулярно читать.

  41. Salam,
    Melihat problematika dalam proses pembelajaran di sekolah, maka saya mengajak para guru-guru dan dosen-dosen untuk menulis buku yang terkait dengan tema ini atau sekitar contexstual teaching and learning atau tema-tema cerdas pembejalaran di sekolah yang akan diterbitkan melalu Penerbit Quantum Teaching (Ciputat Press Group). Misi kami adalah menyalurkan bakat dan minat guru-guru dan dosen-dosen berbakat dalam tulis menulis demi kecerdesan bangsa. Bila berkenan mohon dihubungi email: ciputatpress@yahoo.com atau ciputatpressgroup@yahoo.com.

  42. спасибо за статью… добавил в ридер

  43. makasih..
    saya ambil materi untuk menulis inovasi pembelajaran.

  44. kalau bisa di jelaskan lebih rinci lagi karena masih kabur perbedaan mendasarnya…

    kayaknya dah cukup rinci kali ya pak….

  45. tolong ditampilkan juga perbedaannya dalam pembelajaran bahasa inggris smp…

    insya allah saya carikan ya mas…., nanti kalau ada tak kirim ke email anda

  46. menarik skali bahasan pendidikan di situs ini
    bisa dijadikan referensi
    buku sumber tolong dilampirkan juga ya?
    trima kasih

  47. tolong dong mengenai pendekatan pembelajaran,model,teknik… soalnya aku punya tugas makalah

  48. Aas…!wat yang telah nybrin masalah.model dan metodenya…!dari awalya saya binggung…..gmana modelya…apa metodenya.stelah ana membca teks di atas.saya bersyukur bget.akhrya….tugas kulyah ana bisa d selesaikan…..!
    ……sukron……
    Wassalam…!

  49. Seaindanya istilah diganti yang lebih gampang pa gak bisa ya Om? Biar kata menggambarkan makna,bukan kata membingungkan makna?
    pendekatan=(?)
    metode=urut2tan/langkah pembelajaran
    teknik=(?)
    masih ada 2 yang gak mudheng,Om! Kebanyakan istilah pake yang sulit-sulit sih! Pa orang indonesia tuh seneng dianggep pinter-pinter ya? Makanya buat istilah-istilah aja yang sulit dipahami. Padahal aku ini termasuk guru yang gak pinter lho! Makanya jadi guru sambil jualan pulss! Sertifikasi masih jauh sih!

  50. как говориться, Без пользы жить – безвременная смерть.

  51. mau tanya nich……
    kalau pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori apa?model,strategi,metode,pendekatan atau apa ya?
    mohon balasannya!thq

    ya tida masuk dalam kesemuanya kali ya…..

  52. Terimakasih ya.

  53. wah, jika setiap saat para guru belajar dan lebih rajin belajar dunia pendidikan kita tak akan tertinggal dengan negara maju lainnya. makasih.

  54. terimakasih atas penjelasannya akan kami jadikan sebagai masukan untuk meningkatkan kemajuan di sekolah kami

  55. saya sangat senang dapat bagi ilmu dengan pemlik blog yang enerjig dan kreatif

    WOW MATARAM, PENGELOLA BLOG PERNAH 12 TAHUN DI SANA…., SALAM

  56. uyi-meow.blogspot.com

    mampir2 ya kawan….

  57. artikel bagus..
    kebetulan lagi bikin makalah tentang materi yang sama
    izin copas
    makasih ya…

    TERIMA KASIH JIKA SUDAH MEMBERIKAN KEMANFAATAN

  58. syukran…,Kreeen

  59. Model-model Pembelajaran untuk Bhasa Inggris ada g?
    Sebelumnya makasih Pak…

  60. terima kasih buat infonya. Boleh minta model – model pembelajaran IPA ?

  61. kasih contoh brother.. yangjelas.

  62. thanks atas penjelasannya mohon di tingkatkan pengeksposan dan berbagi pengalaman kepada kami

  63. bantuin dong cari tekhnik mengajar vocab yang terbaru……. susah nih mau cari teknik baru lagi. atau apa aja deh yang menarik buat anak SMP

  64. terima kasih model pembelajarannya, semoga bermanfaat bagi banyak umat.

  65. artikel yang cukup menarik :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: