Pramuka, Oh Nasib-mu

Assalamualaikum wr. wb.

Ada sebuah pertanyaan besar tentang kegiatan pramuka di SMA Cepiring yang saat ini terjadi, sebenarnya pramuka ini termasuk dalam kegiatan ekstra kurikuler apa enggak sih….?

Pertanyaan ini muncul tidak hanya karena masalah keuangan yang memang di katagorikan mandiri, tetapi terlebih lagi adalah masalah tanjungjawab pengelolaannya.

Jika memang pramuka adalah kegiatan yang berada di bawah payung ekstra kurikuler, maka seharusnyanya aturan yang terjadi pada kegiatan ekstra kurikuler lain juga berlaku pada ekstra kurikuler pramuka ini.

pramuka1.jpg

Kenyataan yang muncul saat ini, sepertinya ekstra kurikulum pramuka yang notabene adalah kegiatan wajib bagi siswa kelas X, sepertinya sudah mulai tidak diminati oleh siswa yang diwajibkan ini. Hari Jumat sore yang biasanya dipenuhi oleh siswa kelas X untuk melakukan kegiatan ini, pada hari ini terlihat bahwa hanya sedikit siswa kelas X yang terlihat datang ke sekolah. Data yang diperoleh dari salah seorang bantara menyatakan bahwa siswa yang datang pada kegiatan sore ini hanya 48 orang siswa dari 240 siswa kelas X yang seharusnya datang pada kegiatan pramuka ini atau secara prosentase peserta yang tidak datang adalah 80% (woooow, banyak juga ya)

Pada saat itu kebetulan ada koordinator eksta kurikuler yang menyaksikan kegiatan ini dan kemudian semat menegur senior/bantara tentang keadaan ini, yang dikonfirmasi menyatakan bahwa pada hari sabtu besok siswa yang tidak masuk pramuka akan dipanggil dan diberi hukuman. dan ternyata bahwa semua pembina baik pembina dari dalam maupun dari luar yang berjumlah 3 orang semuanya tidak hadir. kalau semua pembina tidak hadir akankan effektif sistem kepembinaan yang terjadi. Dan Jika kegiatan ini dipsrahkan pada bantara, benarkah jika mereka dilepas begitu saja. Maka dari kondisi yang ada koordinator ekstra kemudian melarang bantara untuk mengkomunikasikan dan melaksanakan hal ini kepada siswa kelas X, meunggu koordinasi dengan pembina eksta kurkuler.

pramuka2.jpg

Barangkali seperti pohon pepaya, percumalah batang yang besar serta buah yang ranum jika ternyata batang tersebut keropos di dalamnya. Inti dari kegiatan ekstra kurikuler seperti pada kegiatan intra kurikuler maka faktor utamanya adalah kepembinaan dan keteladanan. Tidak salah prestasi-prestasi yang diraih dalam kejuaraan, karena itu akan membangun citra sekolah, tetapi haruskan itu dikeroposi dengan cintra internal yang terkeroposi dengan ketidakdisiplinan pembinanya.

Amin

Wassalam

About these ads

57 Tanggapan

  1. Salam pramuka, hai teman-teman semua, Kalau kita-kita ataupun teman-teman semua mau ngadakan kegiatan di alam terbuka, seperti camping, berkemah, refreshing, gathering/ kumpul kumpul serta pendidikan dan pelatihan, tentukan memerlukan peralatan camping/ berkemah seperti : tenda, tenda dome, sleeping bag, matrsas spon, dll. Nah, untuk informasi tentang rental tenda/ tenda dome & alat-alat camping/berkemah seperti tenda pramuka, tenda dome, sleeping bag, ponco,dll, klik aja http://www.mrcamp.net atau http://www.tendaku.net. Oke.
    Thx ya.

  2. salam pramuka,
    beneran,kedisiplinan anggota adalah bagaimana cara pembinaannya.

  3. well there are some problem on almost exkul di berbagai sekolah di indonesia,,

    pramuka, PA, dll semuanya kegiatan yang bagus, dari segi konsep maupun tujuannya, so buat kawan-kawan yang telah menulis artikel diatas, saya merasa salut atas berbagai “masukan” tentang pramuka di sekolah anda saya menganggap itu sebagai diagnosa dan cermin bagi pramuka dan anda sendiri mungkin jika termasuk dari bagian osis atau pramuka atau siswa dari sekolah itu sendiri,

    namun ada baiknya jika didalam artikel anda diberikan sebuah pelengkap dan penyeimbang berupa solusi yang jitu sehingga ekskul pramuka dan ekskul lain akan mampu exis tidak hanya diajang lomba tapi juga pembentukan kharakter kebangsaan yang mantap dan lebih bernuansa suportif, sehingga nuansa kekeluargaan dan perkembangan positif akan menjadi tren bagi intelektual muda di sekolah anda

    salam sukses dan selamat berkarya

  4. itu semua tergantung adat sekolah dan alumni

  5. Terus terang diskolah saya adat nya juga seperti itu.Tapi kami enjoy -enjoy aja ngejalaninnya malahan kami merasa beda dan lebih mandiri dari sebelumnya Kami tidak merasa itu adalah sebuah beban .Buat anak-anak pramuka dimanapun berada GOOD LUCK YAA…A……………!

  6. mari kita instrospeksi diri kembali, Gerakan Pramuka tanpa gugusdepan dan keterlibatan dewan guru tak ada artinya, serta peran serta siswa terhadap pramuka sangat dibutuhkan, bukan karena Gerakan Pramuka yang butuh anggota tapi kalian2 para pemuda yang sebenarnya butuh kegiatan seperti apa yang ada dalam kegiatan pramuka. Secara struktural Gerakan Pramuka memang berdiri mandiri karena strukturalnya ada mulai dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional tapi disekolah kan ada OSIS yang menaungi kegiatannya jadi OSIS dan Pramuka harus saling bekerjasama. Saya paham apa yang anda lihat tidak seperti kenyataannya, pembina pramuka harus lebih kreatif, pembina/koordinator ekstra harus komunikatif

  7. Wow, kemarin alumni SSHB IX telah menunjukkan kiprahnya. kita gak usah hanya komentar yang memojok2kan adek2 aja. tapi kita harus peduli dlm membimbing n memberikan support kpd pramuka SMA 1 Cepiring tercinta. ayo manfaatkan apa yang bisa alumni sedikit berikan, kalian lah tonggak perjuangan pramuka SSHB IX selanjutnya. jangan lupa undang n jawil alumni kalo ada apa2. biar tali silaturahim tetap terjaga n gak canggung. Syam (Lebe)

  8. Met ultah juga buat Ambalan SSHB IX ya.. Semoga Jaya selalu.

  9. salam buat temen2 pramuka dan alumni sri sultan hamengkubuwono IX. Maju terus pantang mundur. kibarkan panji2 sri sultan di nusantara ini. para alumni akan setia mendukungmu. jaga terus semangat mu dalam mengamalkan tri satya dan dasa dharma. jangan pernah mengeluh akan kesah2 yang kalian alami. thanks to the harry. you always teachs my my brother and my sister. good luck and god bless us. salam pramuka. ags(alumni 1997)

  10. Perlu perhatian lebih dari semua pihak, spt: kamabigus dan pembina pramuka se-indonesia untuk mengatasi kurangnya minat kepramukaan di indonesia saat ini.

  11. saya cuman pgen ngomong
    ama semua anggota peramuka yg terutama ada di kota
    kendal pramuka itu tdak identik
    dengan kekerasan………

    gtu aja ya salam buat pembina
    pramuka SMA 1 Cepiring

    SALAM PRAMUKA…….

    • betul..betul..betul..
      tapi bagi mereka yang memahami and suka ama pramuka.
      buktinya : banyak anak pramuka yang dah pada jadi orang (mksdnya orang-orang yang berprestasi).

  12. tuk adk2 ambalan terus berjuang,
    jangan patah arang.

    mungkin saat ini kita belum bisa berbuat banyak,
    tapi nanti apa yang telah kita terima dari PRAMUKA akan sangat berguna di lain waktu

    tuk kakak2 alumni kasih dukungan terus kepada adik2 kita
    JAYA AMBALAN SSHB IX

    SALAM PRAMUKA!!!!

  13. “Jika memang pramuka adalah kegiatan yang berada di bawah payung ekstra kurikuler, maka seharusnyanya aturan yang terjadi pada kegiatan ekstra kurikuler lain juga berlaku pada ekstra kurikuler pramuka ini.”

    mari kita cermati baik2 kalimat ini….
    apakah sudah berlaku tuk semua kegiatan ekstra kulikuler yang ada di SMU CEPIRING????

  14. Salam Pramuka.Maap bukan bermaksud menggurui, tapi berdasar pengalaman pribadi. wah, kayake pramuka = hukuman = militer ? perlu dikaji ulang adat yang ada? saran sy, mungkin ada yang perlu diubah:
    1. Pramuka adalah keg.yang tidak perlu di pelajari, tetapi keg. luar ruang yang menyenangkan dan ada hubungan kakak-adik. (pesan baden powell).
    2. DA menganggap adik2nya sebagai bawahan shg perlakuan apapun dibenarkan untuk adik2nya yg indisipliner. Coba ubah paradigma, DA adalh sbg kakak yang mengajarkan keg. menarik melepas penat untuk adik2nya. Adik2 yang sudah dipenuhi keg. Skul yang padet akan simpatik.
    3. Pramuka sepi? wajar, yakin keg. hanya pbb dan materi sku. Sopo sing gelem? keg.kurang menarik, dan lebih buang2 waktu. Coba adakan keg. yag revolisioner: fotografi, karya ilmiah, sablon, jurnalistik bahkan kursus masak. jadi kesanya pramuka memebrikan bekl untuk mandiri n g cuma push-up. koyo tentara wae…he …2x. b’canda.
    4. Coba lihat di sk kwarnas ttg polbin T/D. Bentuk kegiatan sasaranya adalh peserta dan masyarakat (pengabdian), jadi keg. T/D tdk cuma untuk diri sendiri tapi sudah mewujudkan pengabdian kpd masyarakat.
    Terima kash. Smg dapat meningkatkan semangat bela negara lewat pramuka. Salam Prmuka.
    (Pepen_sragen).

  15. kenapa harus menyesal ikut pramuka?
    orang yang banyak njelek njelekin pramuka itu yang NATO( no action talk only ). jangan pernah ragu adik adik sekalian, jalan yang kalian tempuh dah benar. gapailah kesuksesan setelah menelan kepahitan hidup. dan yang harus kalian ingat pramuka merupakan satu2nya organisasi yang paling diakui oleh pemerintah. maju trs ambalan SRI SULTAN HB IX. semoga dewan sekolah lebih peduli dengan kegiatan pramuka.
    salam kangen selalu buat temen2 alumni sri sultan hb ix. dukung terus adik2 kmu. kibar kan panji2 sri sultan hb ix. doaku smoga sri sultan tambah maju n emmmmm tambah asoooooyyyyyyy. good luck all of you. god bless you.
    SALAM PRAMUKA

    ` ag’s(1997)

  16. salam pramuka!!!

    salam kenal, pramuka memang hanya pbb n materi sku tapi buat saya pramuka adalah sebuah kegiatan yang sangat baik dan paling berkesan dalam hidup kita, yah karena pramuka sudah menjadi bagian dari hidup saya.

    oya buat kakak-kakak saya minta bantuan nich….

    saya lagi cari materi-materi pramuka bagi yang punya mohon dengan sangat bagi- bagi meterinya, buat yang mau membantu tolong kirim ke (ninit_uma@yahoo.co.id). please.
    thankis

    salam pramuka
    satya ku ku dharmakan
    dharma ku ku bhaktikan

  17. sshbIX jangan suka pantang menyerah tunjukan taringmu kepada dunia seperti dahulu kala
    DA jangan takut kepada semua selama kamu benar alumni selalu mendukungmu forever…………..

  18. Salam Pramuka juga
    Ngeri juga ya, kalo tukang kaca mata ngomong harga ikan asin di pasar. Apalagi sampai komentar gimana cara ngilangin rasa asinnya. Wah kaco dunia.
    E, aku rasa ada SK Kwarnas tentang keberadaaan pramuka di sekolah. Pramuka
    Selama ini emang pramuka dimasukan sebagai ekstra, padahal pramuka bukan ekstra, karena kedudukan pramuka bukan dibawah waka, pramuka langsung dibawah kepala sekolah selaku ketua mabigus, apalagi dibawah koordinator ekstra.
    Jadi kalo bukan bakul ikan jangan sok tahu, tanya tukang ikan dulu baru luruskan bila tukan ikan jawab salah. kasih saran dll gituuuu, walopun sama-sama tukan ikan

  19. Salam Pramuka juga
    Ngeri juga ya, kalo tukang kaca mata ngomong harga ikan asin di pasar. Apalagi sampai komentar gimana cara ngilangin rasa asinnya. Wah kaco dunia.
    E, aku rasa ada SK Kwarnas tentang keberadaaan pramuka di sekolah. Pramuka
    Selama ini emang pramuka dimasukan sebagai ekstra, padahal pramuka bukan ekstra, karena kedudukan pramuka bukan dibawah waka, pramuka langsung dibawah kepala sekolah selaku ketua mabigus, apalagi dibawah koordinator ekstra.
    Jadi kalo bukan bakul ikan jangan sok tahu, tanya tukang ikan dulu baru luruskan bila tukang ikan jawab salah. kasih saran dll gituuuu, walopun sama-sama tukang ikan

  20. esensinya bukan hanya pada posisi dari pengelolaan tetapi juga dari perilaku ekstra yang barangkali harus dibenahi…, apa benar pramuka mengajarkan kekerasan seperti itu?

  21. dan mbak asti yang cerdas dan tahu aturan, pasti anda bahasa indonesianya dapat E, kaerna kalimat yang ada di situ adalah JIKA yang artinya bisa benar kondisinya seperti itu atau seperti konsep yang anda pikir seperti itu…
    silahkan berkomentar tapi dengan cara yang benar dan lihat esensi yang seharunya…

    • kenapa marah pak? kan dah resiko dunks napa nampilin rubrik ini…… ya nggak yaaa nggaaaaakkkk

      yang bener sih bukan marah…, tapi prihatin dengan kondisi dan kesalahan yang ada selama ini…, parahnya lagi susah untuk dibetulkan…..

  22. Untuk yang menganggap PRAMUKA sebagai sesuatu yang buruk adalah SALAH BESAR. Karna PRAMUKA adalah pendidikan luar sekolah yang menyenagkan.

  23. menurut q zaman skrang minat pramuka turun.gak di cepiring di kendal bahkan di semarang pun jarang minatnya!q pernah tanya pd pengurus DPD kt semarang?q tanya knp pramuka skrang beda dg thun2 sblumnya!dan apkah minat pramuka di daerah lin juga sama?jawab nya juga sama.trus yg jd pertanyaan apkah pramuka terus membaik atau sebliknya?

  24. salam pramuka

  25. kalau menurut ak pramka 2 banyak manfa,atnya bagi kita ketimbang kejelekanya dari beberapa,manfa,at kegiatan pramuka salah.,sa2nya kedisiplinan,ya dapat kita terapkan pada sekolah,kluarga dan masyarakat.

  26. mnut q kenp pramuka di smance skrang berubah?itu di karna kan kurangnya pengetahuan ttg pramk n kurng serpon baik dr pr guru n oran tua

  27. pak pramuka smacep 2 klu’bsa disiplinkan lagi spert dul lgi? masak dr 6 klas yg brkt cma 1 class.tlg ,doong klu bsa d ktatn lg.

  28. kalau di sekolahku, hampir 90 kegiatan dilaksanakan oleh para bantara. mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. pembina hanya tutwuri handayani

  29. gmn cis….pramuka smancer k’ g srti dlu.eh tau g’ dmata scool lain smancep to pramuka nya baik buktinya kmrn kan juara di tngkat daerah.pertanyaan nya apkah generasi manpu mempertahankan / malah sebaliknya?

  30. assalammualaikum
    salam pramuka
    untuk seluruh anggota pramuka. jangan sedih hati yakinkan diri anda adalah yang paling beruntung karna berada di gerakan pramuka. untuk era sekarang sangat sedikit orang mengerti tentang pramuka.
    kita tak perlu banyak tapi perlu yang peduli yakin bahwa pramuka itu sangat berguna bagi kita, omen pramuka serpong tangerang banten.

    wa alaikum salam mas omen, salam pramuka juga

  31. salam pramuka……………………

    ingatlah bahwanya pramuka harus SIAP SEDIA

    siap untuk berkorban dan dikorbankan…, kanibal kali….

  32. salam pramuka……………

    kawan para pramuka sejati jangan pernah pudar akibat
    kaadaan jamaan sekarang,,,,,

    karena orang yang bijak berkata carilah teman yang yang baik

    teman yang baik beradfa pada:
    -tempat ibadah
    -bakti sosial

    dan pramuka meerupan ORMAS yang sering mengadakan
    BAKSOS(bakti sosial)

    disinilah kita menycari teman dan ilmu yang sangat bermanfaat,,,,

    pramuka indarmayu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    terima kasih kunjungannya mas muragedi, semoga bermanfaat, salam pramuka juga….

  33. Salam Pramuka !!!
    buat ambalan SSHB IX SMANCEP maju terus pantang mundur ! aq kan selalu mendukung mu!!!!
    Sebenarnya menurut saya Pramuka itu tempat kita utk mencari jati diri dan pengetahuan,berorganisasi , bersosialisasi dan so pasti membangkitkan bakat terpendam!!! dan tadinya bisa menjadi bisa tadinya gak tau menjadi tau!!!
    maka dari itu par pemuda pemudi Smancep !!! marilah kita bangkit bersama dengan menjadi anak pramuka!!!Ya!!!!!!!!!!!

    IKLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA
    SALAM PRAMUKA!!!!

    tapi kayaknya kalau pengen seperti di atas kok latihannya PBBBBBBBBBBB terus ya…, mang ga ada kegiatan pramuka yang lain…, makanya anak-anak pada bosan… iya khan

  34. ya sebenarnya Pramuka SMANCep Kegiatannya PBB terus ,tu gak juga , Sbnarnya PBB tu kami beri pada Adek2 tu cuma 15 mnt pada awal kegiatan terus kami lanjutkan dengan materi tentang Pramuka, memang tiap jum’at Setiap awal kegiatan dilakukan PBB,Kegiatan itu biar Semua Teknik Kepramukaan nya tu imbang! PBB nya dapat terus Materi Tu juga dapat!! kan Gerak2 PBB tu BAnyak!! sdangkan yang d berikan hanya seberapa, maka dari itu kami mengejar waktu agar semua materi & PBB tu dapat terselesaikan ! gitu Pak!

    bagus kalau kenyataannya demikian, kemudian yang perlu dicermati adalah komponen-komponen yang berperan di sana, dari pembina dan pengurusnya. Apakah sudah dapat menciptakan suasana menyenangkan bagi adik-adik kelasnya?, kala setiap ketemu selalu di hukum, ya tentunya mereka menjadi enggan untuk berangkat pramuka lagi….selamat berjuang untuk mempulihkan keadaan pramuka menjadi sehat lagi

  35. salam pramuka !

  36. Pramuka smancep, kapan mau majunya kalo tidak pernah bercermin dari kesalahan2 sebelumnya ? dan kesalahan itu tidak/sulit untuk dibenahi ?

    jadikan kritikan pedas sebagai cambuk bagimu untu maju, jika itu sesuai dengan kondisimu

    • gimana kalau di bubarkan aja pramuka smacep, gak mutu gitu….

      • pramuka adalah organisasi yang tertua di dunia……
        pramuka mengajarkan kita tuk belajar di ” siplin berani dansetia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan ” :)
        berfikir lah sebelum bertindak……..!!!

  37. salm pramuka!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! mungkin nasib ente dikit sama ma gw. gw di pesantren, n gw jg masuk pramuka gw sama pembina udh kyak temen ngumpul atu bisa di bilng kakak adik dan memang itu sistim yang dipakai yaiu kekeluargaan. tapi ada satu masalah yaitu gw, temen2 pramuka gw n ade2 angktn gw smwnye di bnci sma senior2 di pesantren tanpa ada alasan yang riil.

  38. sebenernya semua tergantung pada kita gimana neri ma nya.

    pramuka g keras kalau kita nurut kakak pembimbingnya
    kita agap saja pusap,dan seabrag kegiata fisi hanya lah permainan u melatih otot dan konsentrasi

    • salam pramuka…………?
      hai……. ka Tia……. :) nee uchien, kalao.. menuriut saya yang namanya pramuka bukan latian melatih otot, tapi belajar tuk di siplin…? :)
      kalao… kita di biasakan manja….. ntar apa kata dunia… wkwkwkwk …..
      pramuka adalah
      PRA : praja
      MU : muda
      KA : karana
      dan pramuka ityu… belajar di luar sekolah……..?
      yang artinya kita harus siap suatu saat kita bakalan terjun kemasyarakat……? :) >_<
      online : 087 828 384 363

  39. salam pramuka……….!!!

    salam sejahtera kepada seluruh angota pramuka yang berada di seluruh penjuruh arah mata angin… :)
    cuman berpesan
    ” ING MADYA MANGUN KARSA ”
    ” ING NGARSA SUNG TULADA ”
    ” TUT WURI HANDAYANI….”
    ” GEMAH RIPAH REPEH RAPIH LOH JINAWI ”
    salam juga buat seluruh teman-2 kita….?”

    salam pramuka……….!!! @ # @ $ ^*”
    online: 087828384363, mukhsin pramuka indramayu

  40. Salam Pramuka!
    saya anggota Pramuka di kota saya. tingkatan sy Pandega.melihat fenomena saat ini Pramuka telah menjadi organisasi yang kurang diminati oleh anak muda(abg). bagaimana pramuka mau bersaing dengan organisasi yg lain, wong kenyataannya dilapangan perintah daerah selaku mabicab&mabiran kurang begitu mendukung dengan kegiatan ini. malah bisa dibilang menutup mata dengan para pelatih2 yang ada. sesungguhnya bila sistem among pendidikan pramuka benar2 dapat dukungan yang penuh akan mencetak para generasi penerus bangsa yang disiplin, tanggap,tangguh dan trengginas.

  41. Assalamu’alikum..
    “Salam Pramuka”
    sebelumnya maaf lancang..,bukan maksud sok tau,cuma saya kok prihatin dengan ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
    kenapa semkin lama yang ikut pramuka anaknya semakin sedikit? terus sekarang setiap mengadakan kegiatan alumni jarang diundang, ini yang menyebabkan tali persaudaraan yang sudah dibina oleh kakak-kakak alumni yang terdahulu putus begitu saja. sekarang jarang kakak-kakak bantara yang tau atau kenal dengan kakak-kakak alumni yang terdahulu, bahkan kalau ketemu aja sekarang jarang sekali yang menyapa kok harus kakak-kakak alumni dulu yang menyapa!!! apa hal-hal yang kelihatanya sepele tapi mempunyai arti dah pada nggak diajarkan.
    sebenarnya angkatan yang keberapa to yang menyebabkan hal ini terjadi, apakah angkatan saya ya…(smoga bukan)
    cuma saya berharap kepada angkatan sekarang dan seterusnya, serta pembinanya ada yang berini siatif buat merubah bagaimana caranya membuat adik-adik kelas senang ikut pramuka dan ngebuat bahwa sebenarnya pramuka itu nggak ngebosenin kayak sekarang ini.
    ma’ap ye kalau menurut ente kate-kate ane kurang nyenengin atau malah ngebingungin.
    Wassalam…

  42. Kepramukaan jangan diwajibkan. Kalau siswa diwajibkan ikut kepramukaan, harus diimbangi dengan jumlah pembina yang sesuai (1 pembina mendampingi 10 sampai 40 peserta didik) dengan kualitas yang memadai.

  43. please minta daftar susunan dewan ambalan n pembina nya dunks. di mana kah the herry now? moga para alumni kumpul lagi seperti dulu kala. kak dur, kuntet, lebe n yang lainnya mari bersama sama kita jaga ambalan kita. jujur saya prihatin ketika membaca comment dari adik gilang. salam kangen selalu dari saya. insya allah tahun depan kita bisa ketemu di ambalan kita tercinta. organisasi ini terasa indah jika kita mau bersatu dan bersama. agus, alumni 1997

  44. salam pramuka………….
    rekan rekan pramuka
    marilah qta junjung gerakan pramuka

  45. salam pramuka……….
    pramuka is the best so much for me

  46. Great Blog!……There’s always something here to make me laugh…Keep doing what ya do :)

  47. assalamualaikum wr wb.
    salam sejahtera buat semua keluarga besar SRI SULTAN HB IX. ada yang mengganjal dari hati saya ketika membaca artikel di atas. ganjalan yang pertama adalah kenapa mesti gambar itu yang di pajang???? ada motif apa di balik semua ini??……. adakah unsur untuk mengadu domba sesama anggota pramuka atau memang orang yang nggak tau pramuka trs ngomong tahu semua tentang pramuka. saya adalah alumni pramuka tahun 1997yang kebetulan pernah menjabat sebagai pradana dan pernah di percaya sebagai ketua kerabat alumni SRI SULTAN HB IX. dan saya sekarang masih di doha qatar. mohon sekiranya fotonya yang di pampang bisa di ganti. mari bersama sama membangun pramuka smu n cepiring. maaf klu ada kata2 yang kurang pas tapi semua itu adalah untuk kemajuan ambalan SRI SULTAN HB IX. hidup adalah berjuang. salam buat temen2 semua dan semangat.

    SATYA KU DHARMAKAN
    DHARMA KU BAKTIKAN

    SALAM PRAMUKA

    untuk yang paling tahu tentang pramuka apalagi anda sebagai pradana, seharusnya jujur dengan keadaan yang ada, apa kondisi yang ada pada photo itu cukup mendidik untuk adik-adikmua…, silahkan kalau budaya seperti itu akan terus dilakukan dan jangan salahkan fihak sekokolah kalau ambalan akan ditutup…., apa dipikir dengan “penyiksaan” seperti itu akan meningkatkan minat adik-adik anda untuk terus mnenekuni pramuka. Kasihan dengan citra pramuka secara umum yang mengedepankan kedisiplinan, kreatifitas, kebersamaan dengan “bullying” seperti itu. Anda bisa check kepada semua siswa kelas X, apakah suka diperlakukan seperti itu…., andaikan tidak ekstra wajib, dijamin ekstra ini tidak adakn memiliki peminat……

    • assalamualaikum wr wb
      salam sejahtera buat semua.
      salam pramuka!!!!!
      terima kasih atas semua tanggapannya. indonesia adalah orang yang penuh dengan ramah tamah dan mengedepankan musyawarah. apakah tidak ada cara lain misalnya mengumpulkan semua anggota bantara dan alumni untuk membahas semua ini? saya akan ngasih gambaran keadaan sekolah yang ada di doha qatar khususnya aljazira school. ini adalah sekolah yang gurunya adalah orang2 inggris, amerika dan afrika selatan. perlu di ketahui bahwa cara mendidik mereka pun hampir sama dengan apa yang di terapkan di ambalan kita. bahkan anak primary school sudah diterapkan cara yang sama dengan anak secondary school. perlu di ingat bahwa mangga untuk menjadi matang harus rela kulitnya berubah warna, orang mau jadi body building juga harus mau susah payah latihan tiap hari. yang saya ketahui bahwa nggk ada anggota pramuka yang jadi kriminal atau melakukan hal2 buruk yang lainnya. ibarat rumah ketika hujan dan ada bocor di dalam nya. so apa yang harus kita perbuat ??? masuk kedalam rumah, lihat ke atas dan cari mana yang bocor bukan malah naik ke atap dan nyari di mana bocornya. ambalan sri sultan hb ix memang butuh bimbingan dari pihak sekolah tapi bukan berarti harus menampilkan rubrik kaya begini yang se olah2 mau mengadili pramuka itu sendiri. marilah kita bersama sama memajukan pramuka smu n cepiring. yang semuanya dari ambalan, oleh ambalan dan untuk ambalan. terima kasih atas jawabannyanya dan ambillah nilai positip dari semua ini.
      good luck and god bless us.

      assaalamualaikum wr wb
      salam pramuka!!!!

      saya setuju dengan anda bahwa “jer basuki mawa beya”, bahwa segala produk pasti ada prosesnya, tapi coba anda lihat lebih dalam…., pemunculan tulisan ini sama sekali karena suka atau tidak suka, apalagi untuk almamater tercinta, justru dengan hal ini seharusnya ada autokritik dari fihak ekstra pramuka dengan aktifitas yang dilakukan selama ini. Pembelaan anda sangat beralasan sebagai alumni yang tentunya mengharapkan kebaikan dan keberlanjutan bagi ambalan ini, namun silahkan anda lihat kondisi di lapangan (terutama pada saat itu).Bukankan fakta tetaplah fakta, dan ada pembelajaran disetiap permasalahan yang ada…..
      Kalau pembinanya sendiri tidak mengakui keberadaan ambalan yang merupakan dari kegiatan kesiswaan sekolah resmi, terus sekolah mau bilang apa…., sepertinya pramuka adalah lembaga tersendiri yang langsung bertanggung jawab kepada kepala sekolah, padahal disitu ada koordinasi pada wakil kepala sekolah kesiswaan.
      untuk memperbaiki kenyataan yang ada, barangkali saya sepakat, tetapi untukmengamini kesalahan…., maaf ini memang harus diluruskan.
      Terima kasih atas komentarnya, dan saya yakin ini adalah wujud kepedulian anda. Dan kami tunggu di sekolah kalau kebetulan pulang ke cepiring untuk diskusi yang lebih terbuka

  48. Salam Pramuka,,
    Satya ku ku Dharmakan
    Dharna ku kubaktikan…

    agar jaya indonesia, indonesia, tanah airku aku jadi pandumu……

  49. walah kopk kcian bnget sih nasib loh. mendingan kita perabaiki ja Q percya teman 2 bantara tu cerdas cerdas, oleh krena tu Q sbgi alumni tdk terima.

    nggak terima gimana…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: